Akmal Pantau Arus Mudik Malam Lebaran, Lalulintas Relatif Lancar

SAMARINDA – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik memantau Pos Komando (Posko) operasi ketupat Mahakam 2024 Polresta Samarinda, dia mengatakan arus lalulintas di malam lebaran dan arus mudik terpantau lancar walaupun kemarin sempat terjadi kecelakaan tunggal di ruas tol Samarinda- Balikpapan.

“Kita malam ini memonitor terkait dengan arus mudik juga melihat bagai mana posko pelayanan operasi ketupat yang digagas oleh Polda Kaltim dan ada terjadi kecelakaan tunggal kemarin di tol yang menyebabkan satu orang meninggal dunia,” ujar Akmal Malik kepada awak media usai memantau pos pelayanan operasi ketupat Mahakam 2024 Polresta Samarinda di halaman depan Lamin Etam Jalan Gajah Mada, Samarinda, Selasa (09/04/2024).

Dia melanjutkan, posko pelayanan yang merupakan instruksi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Kaltim untuk pengamanan mudik dan malam lebaran tahun 2024 digelar di sepuluh Kabupaten/Kota yang ada di Kaltim dan didukung oleh aparat Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait.

“Di Kaltim semua Kabupaten/Kota semua ada poskonya dan untuk di Samarinda ada 12 posko dan dibawah komando Kapolda serta di-backup oleh Dandim dan seluruh instansi yang ada di daerah,” kata Akmal, sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan itu Akmal berharap, pemudik sebelum bepergian untuk mempersiapkan kendaraan dan juga kondisi fisik pengemudi harus sehat walaupun sedang saat berpuasa, dan untuk di perjalanan dapat memanfaatkan posko pelayanan yang telah disiapkan oleh pemerintah karena pemerintah selalu hadir untuk melayani masyarakatnya.

“Kita berharap kepada seluruh masyarakat untuk pastikan kondisi kendaraan dan sopir vit. Puasa membuat kita kurang pokus tetapi sekali lagi perhatikan keselamatan kita serta kehadiran posko ketupat ini adalah untuk menjadi komunikasi kepada pemerintah,” tuturnya.

Tampak hadir dalam pemantauan dan pengecekan tersebut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Wakil Wali Kota Samarinda, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan OPD Samarinda yang terkait. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com