Ahmad Vananzda Tekankan Pentingnya PJU di Daerah Rawan Samarinda

PARLEMENTARIA SAMARINDA – Ahmad Vananzda Anggota Panitia Khusus Laporan keterangan pertanggungjawaban (Pansus LKPJ) DPRD Samarinda meminta agar Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Samarinda lebih memprioritaskan penerangan jalan umum (PJU) di daerah yang termasuk titik-titik rawan.

Ia mengungkapkan keprihatinannya lantas masih banyak daerah yang masih gelap dan penerangan yang belum maksimal seperti di daerah Sambutan dan seputar wilayah Gunung Manggah Samarinda. “Nah ini juga ada kaitan dengan PJU Dishub (Dinas Perhubungan, Red) dengan Perkim di mana ada titik yang kita anggap rawan, Sambutan dan Gunung Manggah,” tegasnya pada saat hearing bersama Dinas Perkim, Rabu (17/04/2024).

Lebih lanjut, Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menekankan pentingnya kolaborasi dan koordinasi antara Dishub dan Dinas Perkim guna mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas dan risiko kejahatan serta kriminalitas. “Itu kalau saya lihat daerahnya gelap, dan mampu berisiko menimbulkan kriminalitas, kita harap dinas tekait berkoordinasi itu titik-titik rawan bisa didahulukan,” pintanya.

Ahmad juga menggarisbawahi pentingnya upaya tindak lanjut penyediaan lokasi atau tempat seusai pembongkaran. “Karena kerap kali salah satu wilayah hasil pembongkaran yang terbengkalai hanya menjadi tempat kumuh baru,” ungkapnya. Selain itu ia menilai situasi di daerah hasil gusuran seperti Jalan Tarmidi Samarinda sudah ditumbuhi tumbuhan liar dan menimbulkan masalah sampah.

Untuk itu, Ahmad meminta agar lokasi tersebut dapat dikelola sebaik mungkin oleh pemerintah serta mengingatkan perlunya tindak lanjut Dinas Perkim sebagai perpanjangan dari masukannya kepada pemerintah. “Itu masukan saja karena di tengah Samarinda tempat relokasi itu ada tindak lanjutnya seperti pohon tumbuh sudah tinggi di sana, bisa muncul masalah baru, ada yang buang sampah sembarang,” tutupnya. []

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com