CFD Tenggarong Siap Pindah: Transformasi Ruang Publik Menjadi Destinasi Wisata

TENGGARONG – Car Free Day (CFD) bakal dipindah di Kawasan Budaya Tenggarong yang ada di sekitar Pendopo Kutai Kartanegara (Kukar) Ing Martadipura, Monumen Pancasila hingga jalan di samping Museum Mulawarman. Rencana perpindahan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar, Thauhid Afrilian Noor, Rabu (17/04/2024).

Dulunya, CFD yang digelar setiap Minggu pagi berlangsung di kawasan Jalan K H Akhmad Muksin Kelurahan Timbau dan Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong. Thauhid menyebut pihaknya masih mendiskusikan dengan Bupati Kukar, Edi Damansyah dan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Aji Muhammad Arifin soal rencana pemindahan CFD tersebut. “Masih kita diskusikan dengan Pak Bupati dan Sultan, kapan rencana pastinya akan dipindahkan,” kata Thauhid.

Selain ingin memperkenalkan budaya kepada masyarakat, alasan lain dipindahkannya CFD adalah untuk menjaga keamanan masyarakat sehingga tidak mengganggu lalu lintas di jalan protokol. Biasanya CFD hanya akan berlangsung hingga pukul 09.00 WITA. Tapi terkadang area CFD belum sepenuhnya steril dan para pengendara sudah melintas saat masih ada warga serta pelaku usaha yang berjualan.

“Supaya tidak mengganggu jalan besar, nanti CFD di sini akan tertutup sekelilingan kawasan ini. Kalau mau lari keliling saja di sini,” jelasnya.

“Ketika datang ke kawasan budaya bisa mengunjungi kedaton, museum, monumen. Nanti kita isi juga dengan kegiatan kebudayaan di akhir pekan,” tuturnya. []

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com