ilustrasi
ilustrasi

Pendidikan Era Digital: Papan Tulis Digital Mulai Diterapkan di 6 Sekolah Kalbar

PONTIANAK – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Rita Hastarita mengungkapkan saat ini sebanyak 6 sekolah di Kalbar telah menggunakan papan tulis digital. Dirinya juga mengatakan, adanya papan tulis digital ini merupakan salah satu upaya digitalisasi sekolah di wilayah Kalbar. “Tentunya ini untuk mendukung pembelajaran yang menyenangkan, menarik untuk anak-anak serta menyukseskan kurikulum merdeka,” katanya kepada wartawan, Rabu (17/04/2024).

Selain ada papan tulis digital Rita Hastarita mengatakan dalam penggunaannya juga menggunakan aplikasi baik itu dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan juga ada aplikasi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar. Adapun enam sekolah yang saat ini sudah menggunakan papan tulis digital diantaranya Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pontianak, SMAN 10 Pontianak, SMAN 1 Mempawah Hilir, SMAN 2 Pontianak, SMAN 3 Pontianak dan SMAN 8 Pontianak.

“Di SMAN 8 Pontianak ini kita memiliki papan tulis digital dan ini merupakan salah satu sarana pembelajaran yang menarik untuk anak-anak peserta didik di sini sehingga kurikulum merdeka dan materi-materi bisa langsung terkoneksi di internet,” ujar Rita Hastarita kembali.

Dirinya juga menyebut, digitalisasi sekolah ini nantinya akan diberlakukan di semua sekolah di Kalbar. “Ini merupakan salah satu upaya untuk digitalisasi sekolah di seluruh satuan pendidikan di Kalimantan Barat,” pungkasnya lagi.

Serta penerapan teknologi pembelajaran kini sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan para praktisi pendidikan. Semenjak masuknya teknologi dalam dunia pendidikan, banyak perubahan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Berikut perubahan-perubahan tersebut:

  1. Dulu guru mengajar dengan papan tulis biasa, sekarang guru bisa memakai proyektor, serta papan tulis digital.

      2. Dulu memakai buku teks, sekarang memakai E-book.

      3. Dulu tugas dikumpulkan langsung kepada guru, sekarang tugas dikirim melalui email.

      4. Dulu mencari bahan belajar ke perpustakaan, sekarang mencari bahan belajar dengan membuka internet.

      5. Dulu ujian nasional dilaksanakan manual, sekarang ujian nasional dilakukan dengan berbasis komputer. []

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com