Geger di Bontang Utara: Buaya 2 Meter Bersembunyi di Bawah Kolong Rumah Warga

BONTANG – Warga Kampung Selambai, Kelurahan Lok Tuan, Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim) mendadak geger menyusul penampakan seekor buaya di tengah pemukiman warga pada, Selasa (16/04/2024) sekitar pukul 18.00 Wita beberapa hari lalu. Buaya sepanjang 2 meter itu, terlihat bersembunyi di bawah kolong rumah warga setempat.

Beruntung sebelum meminta korban, hewan predator air paling berbahaya itu dievakuasi petugas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan). Kepala Disdamkartan Bontang, Amiluddin membenarkan menerjunkan anggotanya untuk mengevakuasi seekor buaya sepanjang 2 meter dari bawah kolong rumah warga.

Evakuasi hewan predator ini harus cepat dilakukan, karena dikhawatirkan membahayakan warga Selambai, Bontang. Pasalnya buaya tersebut rutin muncul saat menjelang petang dan berputar putar di bawah kolong rumah warga. Ia menduga buaya ini sedang mencari mangsa. “Saat kami mendapatkan laporan kami langsung bertindak. Pertimbangannya jelas, keselamatan warga,” kata Amiluddin.

Penangkapan pun berjalan cukup panjang, lantaran petugas harus membuat jebakan. Setelah buaya tertangkap pun petugas mesti bekerja ekstra di tengah medan yang berlumpur dan gelap. “Evakuasinya lumayan lama, sekitar 1 jam lebih,” ungkapnya. Saat ini buaya telah dibawa ke Mako Disdamkartan di Jalan Kapten Piere Tendean, Kelurahan Bontang Kuala, Kota Bontang, Kaltim.

Nantinya, petugas akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim agar dievakuasi ke habitat yang jauh dari pemukiman warga. “Kita akan koordinasi dengan BKSDA. Ini buaya lebih besar ketimbang yang dievakuasi di rawa-rawa waktu itu,” pungkasnya. []

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com