Akmal Malik: Pilih Mana, Kerja di Tambang atau Jadi Peternak?

SANGATTA – SATU pertanyaan menarik dilontarkan Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik kepada Dhean, salah seorang peternak milenial dari Wisma Embek Kemakmuran, Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Jum’at (19/4/2024).

“Pilih mana, bekerja di tambang atau jadi peternak?” tanya Pj Gubernur Akmal Malik. Dengan penuh keyakinan, Dhean yang juga seorang sarjana manajemen ini menjawab memilih beternak.

Sambil tersenyum Akmal Malik terlihat sangat antusias mendengar jawaban anak muda peternak milinial ini.

 

Dia juga mengatakan, sangat mengapresiasi terhadap pilihan anak muda yang mau berusaha di bidang peternakan, pertanian dan perkebunan. Karena, juga sambungnya, bidang ini adalah pilihan yang sangat realistis dan lebih prospek di masa depan.

“Tambang akan habis pada waktunya. Sedang kambing, sepanjang bisa kita kelola dengan baik, akan hidup terus dia (berkembang dengan baik),” ujarnya memberikan gambaran.

Akmal menandaskan, upaya menarik kaum muda untuk menggeluti bidang pertanian dalam arti luas ini tidak menafikan potensi sumber daya alam yang dimiliki Kaltim. Dengan kekayaan alam yang dimilikinya sudah barang tentu akan menjanjikan pendapatan daerah yang relatif besar pula.

Namun demikian, imbuhnya, dalam rangka mendukung salah satu misi Kaltim yaitu berdaulat di bidang pangan maka diharapkan anak muda akan lebih banyak yang memiliki ketertarikan melakukan diversifikasi usaha, salah satunya di bidang peternakan ini.

Apalagi jika melihat bahwa Kaltim hingga saat ini untuk kebutuhan bahan pokok penting (Bapokting) masih sangat tergantung dengan daerah lain, seperti Jawa dan Sulawesi. “Selain itu merupakan suatu keniscayaan bahwa sumber daya alam yang saat ini menjadi penopang utama pendapatan Kaltim itu akan habis pada saatnya nanti,” pungkasnya. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com