Jam Bentong Akan Jadi Museum Digital di Kukar

TENGGARONG – Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) berencana menjadikan Jam Bentong sebagai Museum Digital di Kabupaten Kukar, Kalimantan Timur (Kaltim). Jam Bentong terletak di antara sisi Menara Tuah Himba, Taman Kota Raja, serta Jembatan Kukar. Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, Triyatma mengungkapkan, pada tahun 2017-2019.

Jam Bentong merupakan pusat informasi tempat pariwisata Kukar, terutama bagi turis-turis yang berkunjung. “Jam Bentong itu rencananya selain menjadi tempat informasi, nantinya akan menjadi tempat wisata, sesuai dengan perencanaannya nanti akan dijadikan Museum Digital.” ujarnya pada, Selasa (23/04/2024).

Triyatma mengungkapkan, selain diwacanakan menjadi tempat wisata Museum Digital, Dispar Kukar juga berencana akan memanfaatkan ruangan yang berada di bawah jembatan sebagai Museum Jembatan. Di bawah Jembatan kan ada ruangan, itu rencananya juga menjadi Museum Jembatan. “Jadi ada informasi tentang peristiwa jembatan runtuh dahulu,” jelasnya.

Triyatma berharap, dengan rencana pengembangan tersebut, Jam Bentong mampu menjadi tempat wisata yang menarik minat masyarakat untuk datang ke Kukar. Selain itu, pembangunan Museum Digital serta Museum Jembatan juga dapat meningkatkan daya tarik Kukar sebagai destinasi wisata baru.

Jam Bentong adalah salah satu ikon Kota Tenggarong, yang difungsikan sebagai salah satu pusat untuk mendapatkan informasi-informasi pariwisata, dan event kebudayaan di Kabupaten Kukar. Lokasinya berada di Jalan Wolter Monginsidi No.16, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kukar, Kaltim. Biasanya, tempat ini buka dari hari senin hingga jumat, mulai pukul 08:00 hingga pukul 16:00.

Disamping itu, Jam Bentong yang lokasinya tidak begitu jauh dari Taman Kota Raja ini juga sering dijadikan sebagai tempat nongkrong, dan tempat berolahraga oleh warga Kota Tenggarong dan sekitarnya. []

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com