Jasno Harap Pelabuhan Penumpang Segera Dibangun di Palaran

PARLEMENTARIA SAMARINDA – ANGGOTA Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Jasno berharap pelabuhan khusus penumpang yang baru dapat segera dibangun, sehingga memberikan dampak sangat besar bagi masyarakat.

Untuk diketahui, beberapa waktu yang lalu Wali Kota Samarinda beserta jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melakukan peninjauan dua lokasi potensial untuk pelabuhan penumpang yang baru. Pertama, lahan di Jalan Durian, Kelurahan Bukuan, Kecamatan Palaran, Samarinda. Sementara lokasi kedua, berada di Kelurahan Bantuas, Kecamatan Palaran, Samarinda. Tepatnya di sekitar Kampung Balik Buaya.

Harapan segera dibangunnya pelabuhan penumpang tersebut disampaikan anggota dewan dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini kepada awak media saat ditemui di ruang kerjanya Lantai 4 Kantor DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Jumat (03/05/2024).

“Berharap segera dibangun karena sudah dari zaman Wali Kota Syaharie Jaang sudah diwacanakan, namun sampai saat ini belum terealisasikan. Dengan ditinjaunya oleh Wali Kota Andi Harun, mudah-mudahan segera direalisasikan, sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat Samarinda,” ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Palaran, Samarinda Seberang, dan Loa Janan Ilir ini.

Dia melanjutkan, pembangunan pelabuhan ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada perekonomian dan kesejahtraan masyarakat setempat. Jasno kemudian memberikan contoh, masyarakat setempat dapat berjualan di saat ada kapal datang atau mau berangkat.

“Tentunya kalau pelabuhan untuk penumpang dibangun di Palaran akan menambah perekonomian di Palaran. Karena penumpang yang akan lewat Palaran paling tidak akan membeli makan dan minum,” urai anggota dewan yang menyandang gelar Sarjana bidang Pertanian ini.

Menurut dia, Palaran kini sudah lebih baik dari tahun ke tahun. Hal tersebut terlihat dari segi akses jalan menuju lahan pelabuhan. Karena itu dia menegaskan, tidak ada salahnya Pemkot Samarinda segera membangun dan memindahkan pelabuhan penumpang lama di jalan Yos Sudarso ke Palaran.

“Jalannya juga sudah mulai bagus, jaraknya juga tidak terlalu jauh dan lampu penerangan jalan mulai terpasang. Sehingga tidak ada alasan Pemkot Samarinda untuk tidak segera memindahkan pelabuhan penumpang dari pelabuhan yang lama,” tutup Jasno. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com