Longsor di Kapuas Hulu, Warga Rugi Rp 1 Miliar

longsor di kapuas hulu

KAPUAS HULU – Bencana longsor yang menimpa warga yang bermukim di tepian Sungai Kapuas, di beberapa desa di Kecamatan Jongkong, Kabuapten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Senin (20/7) lalu, diperkirakan mengakibatkan kerugian sekitar Rp 1 miliar rupiah.

Longsor yang terjadi malam hari itu, diduga akibat  hujan deras yang disertai angin kencang. Akibat longsor, empat buah rumah di Desa Ujung Said ambruk menimpa lanting, keramba ikan serta speed dibawahnya. “Rumah hancur, menimpa lanting, keramba ikan, speed hilang, kemudian di Jongkong satu buah rumah hancur,” ungkap Kasialus Kintoi, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu di kantornya, Rabu (22/7) lalu.

Atas kejadian tersebut ditaksir kerugian mencapai Rp1 miliar. “Korban jiwa tidak ada. Kalau kerugian cukup besar, karena keramba ikan, speed hilang. Di Jongkong itu, tiga buah lanting hanyut,” tambahnya.

Dikatakan Kasialus, tim BPBD dari kecamatan Jongkong sudah bergerak ke lokasi membantu evakuasi warga yang dibantu  pihak Polsek Jongkong. “Namun kalau penyaluran bantuan kita tunggu dari Pemda. Kami sudah lakukan pendataan ke lapangan,” kata dia.

Dihubungi terpisah, Camat Jongkong Walidat membenarkan longsor yang menimpa sejumlah desa diwilayahnya beberapa waktu lalu. “Senin malam jam 11.00 di desa Ujung Said. Jongkong Tanjung sekitar jam 12.00,” terang Walidat.
Walidat mengaku longsor terjadi melanda empat desa di Kecamatan Jongkong diantaranya, Ujung Said, Penepian Raya, Jongkong Tanjung dan Jongkong kanan. Namun dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materi. “Kerugian materi banyak, beberapa rumah ambruk, speed hanyut,” kata Walidat
Dikatakan Walidat, longsor yang menimpa sejumlah desa di wilayahnya beberapa, Senin malam, yakni sekitar pukul 23.00 WIB, di Desa Ujung Said, dan di Jongkong Tanjung sekitar pukul 24.00 WIB. Walidat menyatakan longsor terjadi di empat desa di Kecamatan Jongkong, diantaranya Desa Ujung Said, Penepian Raya, Jongkong Tanjung, dan Jongkong kanan.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah longsor tersebut. Namun kerugian material cukup besar, karena beberapa rumah ambruk, dan perahu milik korban yang hanyut,” katanya. [] ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com