Ketika Dandim 0907 Jadi Bapak Asuh Anak Stunting

 

TARAKAN – Komandan Kodim 0907/Tarakan Letkol Inf Reza Fajar Lesmana dikukuhkan sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di Kota Tarakan dan istri dari Reza Fajar Lesmana sekaligus sebagai ibu asuh oleh Sekretaris Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Timur, Al Khafid Hidayat.

“Saya apresiasi kepada Pemerintah Kota Tarakan dimana pentingnya kolaborasi serta kerjasama dalam percepatan penurunan stunting,” kata Reza di Tarakan, Kalimantan Utara, Kamis (13/10/2022).

Stunting atau kondisi gagal tumbuh pada balita (bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis di Tarakan.

Berdasarkan data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 yang diperoleh dari Kementerian Kesehatan, angka stunting Tarakan berada pada 25,9 persen.

“Kunci keberhasilan adalah kekompakan dan kolaborasi serta keinginan kita bersama program ini menjadi program prioritas,” kata Dandim.

Dia menambahkan bahwa program ini merupakan tindak lanjut dengan telah dikukuhkan pimpinan tinggi TNI AD yakni Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman sebagai Bapak Asuh Anak Stunting Nasional.

Sehingga program ini turun ke bawah sampai di jajaran Kodim – Kodim yang terdapat angka stunting yang berkolaborasi dengan pihak instansi pemerintah provinsi maupun daerah, serta mitra terkait lainnya.

“Dalam hal ini, kita harus bekerja, dan kita optimis bisa seperti dalam penanganan Covid-19, tentu bisa dalam hal penurunan stunting juga pasti berhasil,” kata Dandim.

Ia menambahkan, selain program stunting, maka program Keluarga Berencana di Kota Tarakan juga bisa sukses sehingga masyarakat semakin sejahtera.

“Sebagai orang tua asuh yang diberi amanat semoga saya bisa menunaikan tugas dengan baik serta bekerja sama dengan semua pihak dan semoga apa yang bisa dilakukan saya untuk membantu dan mendukung program pemerintah dapat bermuara terhadap kesejahteraan masyarakat,” kata Reza. [] ANT-KU

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa