LKBB Gelora Season 2 Tahun 2022 Cilacap
Abdul Kadir, PPTK Dispora Kukar (tengah) saat berpose dengan tim putra dari SMPN 1 Tenggarong usai tampil dalam

SMPN 1 Wakili Kukar di Ajang LKBB Nasional Open

LKBB Gelora Season 2 Tahun 2022 Cilacap
Kepala Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda Dispora Kukar, Arbain (tengah) saat berpose dengan tim putra dari SMPN 1 Tenggarong usai menampilkan keterampilan baris berbarisnya di ajang LKBB Gelora 2 Karangpucung, Cilacap, Jawa Tengah.

 

JAWA TENGAH – Pelajar putra dan putri dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) mewakili daerahnya mengikuti Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) Gelar Lomba Pasukan Pengibar Bendera (Gelora) Season 2 yang digelar secara nasional di Kampus Sekolah Menengah Kejuran Negeri (SMKN) Karangpucung, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), dari Sabtu (05/11/2022) ini hingga esok Minggu (06/11/2022).

Para siswa siswi SMPN 1 yang dikirim ke Jateng ini merupakan adalah yang tergabung dalam regu putra dan putri yang berprestasi dalam ajang LKBB se-Kalimantan Timur (Kaltim) The Velocity of Nusantara yang digelar di Gedung Bela Diri, Kompleks Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, pada 27 hingga 28 Agustus 2022 lalu.

Kala itu, regu dari SMPN 1 menjadi juara umum, menyisihkan tim lain asal Samarinda dan Tenggarong dan menyabet predikat terbaik dengan 3.226 poin. Selain itu, tim dari SMPN 1 juga mendapat gelar kostum terbaik, Persatuan Baris Berbaris (PBB) terbaik, komandan peleton (danton) terbaik, variasi formasi terbaik satu, serta juara utama 1.

Sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kukar, Aji Ali Husni melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda Dispora Kukar, Arbain dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Abdul Kadir, didampingi stafnya, Dian Suryadi, ada sebanyak 37 orang, terdiri dari 32 peserta putra dan putri, 2 orang cadangan dan 3 orang pelatih, difasilitasi Dispora yang diberangkatkan mengikuti LKBB open secara nasional tersebut.

SMPN 1 Tenggarong
Regu putra PBB dari SMPN 1 Tenggarong saat tampil di ajang LKBB Open Se-Nasional.

 

“Peserta dari Kukar sebanyak 37 orang, 32 peserta terdiri dari dua regu, putra sebanyak 16 orang dan putri 16 orang. 2 orang cadangan dan 3 orang pelatih. Yang kita kirim adalah hasil pemenang LKBB yang diadakan di Tenggarong Agustus lalu,” kata Dian kepada Berita Borneo melalui pesan whatsapp, Sabtu (05/11/2022) siang.

Saat dihubungi media ini, regu putra sudah tampil dan giliran regu putri yang bersiap tampil. Mereka bersaing menjadi yang terbaik untuk kategori regu pelajar SMP dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). “Yang dinilai adalah ketepatan PBB, sesuai peraturan panglima dan penilaian formasi dan variasi,” ungkap Dian.

Sementara Ketua Panitia LKBB Gelora Season 2 Akmal Haryono Hasan, dalam suratnya yang disampaikan ke seluruh kepala sekolah tingkat MTs, SMP, SMA, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) se-Indonesia, mengungkapkan, LKBB digelar dalam rangka menumbuhkan sikap patriotisme dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di kalangan pelajar. []

Penulis: Tusiman
Editor: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com