Novan Harap Kajian Sky Train Harus Maksimal Dan Detail

PARLEMENTARIA KOTA SAMARINDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda berencana pembangunan proyek transportasi modern Sky Train sebagai salah satu perencanaan infrastruktur di daerah kawasan penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Mohammad Novan Syahronny Pasie berharap kajian Sky Train diteliti secara maksimal dan kalau tidak dilakukan secara detail lebih baik ditunda dulu.

Mohammad Novan Syahronny

Hal itu disampaikan, Mohammad Novan Syahronny Pasie politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) saat ditemui awak media di ruang kerjanya Lantai 4 gedung DPRD Kota Samarinda, jalan Basuki Rahmat, Samarinda. Kamis (09/02/2023).

“Saya pribadi berharap kajian ini diteliti secara maksimal sehingga kita akan menyambut baik, tapi kalau kajian tidak dilakukan komprehensif atau secara detail ini tolong ditunda dulu,” ujar pria kelahiran Samarinda, 23 November 1981 ini.

Menurut Novan sapaan akrabnya, ibu kota Kaltim memiliki topografi yang unik yakni naik turun, rawan banjir dan banyak rawa yang akan jadi rute Sky Train nanti.

“Samarinda memiliki topografi yang cukup unik, kita ini ibarat jalan itu naik turun karena dari wacana yang ada dari stadion Kadrie Oening Sempaja sampai Bandara APT Pranoto yang notabennya daerah sana adalah daerah yang rawan, dikatakan rawan adalah topografinya naik turun belum lagi permasalahan banjir yang ada disana, belum lagi permasalahan lingkungan ini yang harus masuk kedalam kajian,” kata Novan.

Untuk diketahui saat ini proyek Sky Train sudah memasuki tahap Feasibility Study (teknik analisis yang digunakan untuk menilai kualitas dari faktor-faktor sebuah proyek, red) serta sinkronisasi dengan program pembangunan oleh pemerintah pusat pada Tahun 2023, untuk tahap berikutnya dilakukan sinkronisasi dengan rencana pengembangan Bandara APT Pranoto Kota Samarinda oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com