Komisi II Ungkap Alasan P-RPJMD Tahun 2021-2016

PARLEMENTARIA KOTA SAMARINDA – Komisi II, dan Badan Anggaran (Banggar), serta Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan hearing atau Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Badan Perencanaan Pembangunan daerah dan Penelitian Pembangunan (Bappedalitbang) Kota Samarinda.

Novi Marinda Putri

Hearing yang digelar di ruang rapat utama lantai 2 gedung DPRD Kota Samarinda, jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Selasa (07/03/2023), membahas mengenai pemaparan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (P-RPJMD) Tahun 2021-2026 Kota Samarinda.

Ditemui awak media di akhir hearing, Sekretaris Komisi II DPRD Kota Samarinda Novi Marinda Putri mengatakan Bappedalitbang menjelaskan beberapa alasan RPJMD Tahun 2021-2026 Kota Samarinda dilakukan perubahan salah satunya kepentingan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim.

“Memaparkan ada beberapa yang harus berubah karena aturan di atasnya itu berubah karena kepentingan IKN, jadi kita minta dasar-dasar yang masih tidak sesuai untuk diperbaiki kembali,” ujar wakil rakyat kelahiran Samarinda, 16 Juni 1983 ini.

Perubahan RPJMD itu Karena ada perampingan dari 47 menjadi 40 OPD (Organisasi Perangkat Daerah, red) otomatis ada beberapa nomenklatur yang harus di rubah, jadi ada mata anggaran yang tidak bisa digunakan, kemudian ada terjadi inkonsistensi yakni ada rekomendasi yang harus dari wali kota saat ini tidak perlu lagi jadi penyesuaian cukup dari kepala OPD itu yang masuk direvisi karena kebijakan nasional.

Dia melanjutkan besok Rabu, 08 Maret 2023 akan dilakukan hearing lanjutan bersama seluruh anggota komisi gabungan untuk memberikan masukan ke pemerintah kota melalui Bappedalitbang Kota Samarinda.

“Masing-masing leading sektornya berbeda jadi masukan dari Komisi III apa yang berubah leading sektornya mereka harus berikan masukan itu nanti, jadi dari tiap-tiap komisi diharapkan memberikan masukan sesuai laeding sektornya masing-masing,” pungkasnya. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com