Sapi kurban 2023
Gubernur Kaltim Isran Noor (tiga dari kanan) tengah menyerahkan secara simbolis sapi kurban dari Presiden Joko Widodo dan diterima Farid Wadjdy (tiga dari kiri), di halaman Masjid Raya Darussalam, Rabu (28/06/2023).

Gubernur Serahkan Bantuan Sapi Kurban Presiden Jokowi

SAMARINDA – Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menyerahkan bantuan pemasyarakatan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berupa sapi untuk Masjid Raya Darussalam Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (28/06/2023).

Secara simbolis, Gubernur Isran Noor menyerahkan tali hewan kurban kepada Pembina Yayasan Masjid Raya Darussalam Samarinda Farid Wadjdy dan disaksikan pengurus Masjid Raya Darussalam Samarinda.

Selain yang diserahkan kepada Yayasan Masjid Raya Darussalam, ada juga sapi kurban yang diserahkan berjenis limousin dengan berat 834 kilogram senilai Rp84 juta kepada Prayitno, warga Makroman, Samarinda. Penyembelihan hewan kurban direncanakan pada Kamis 29 Juni 2023 usai pelaksanaan salat Idul Adha 1444 Hijriyah. 

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini jam 10, saya atas nama Presiden Republik Indonesia menyerahkan hewan kurban kepada Yayasan Masjid Raya Samarinda,” ucap Gubernur Isran Noor di Halaman Masjid Raya Darussalam Samarinda.

Berkurban, lanjut oŕang nomor satu Benua Etam ini, merupakan syariat yang diwariskan Nabi Ibrahim Alaihissalam dan disunahkan Rasulullah Shalallhualaihi wassalam untuk diikuti seluruh umat Islam.

“Hewan kurban ini untuk ibadah kurban Bapak Presiden dan jajaran kantor kepresidenan dalam rangka Hari Raya Idul Adha,” tambahnya, seraya mendoakan apa yang diniatkan Presiden menjadi ibadah dan pahala, menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu wa taala.

Pembina Yayasan Masjid Raya Darussalam Samarinda Farid Wadjdy atas nama masyarakat dan pengurus Masjid Raya Darussalam menyampaikan terima kasih atas diserahkannya sapi kurban bantuan Presiden Jokowi.

“Terima kasih Bapak Presiden, juga Pak Gubernur sudah mempercayakan hewan kurbannya di masjid kami,” ujarnya.

Dijelaskannya, sementara ini di Masjid Raya Darussalam sudah terkumpul sepuluh ekor hewan kurban hasil arisan dan patungan. Tapi ada tambahan di hari ke-11 hingga hari ke-13.

Sedangkan untuk penyelenggaraan hewan kurban, baik pemotongan dan pengemasan dilaksanakan di Rumah Potong Hewan (RPH) Tanah Merah Lempake Samarinda. []

Penulis: Salsabila |  Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com