Pembongkaran Bantaran SKM, Markaca Minta Kerjasama Masyarakat

PARLEMENTARIA SAMARINDA – ANGGOTA Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Markaca mengatakan, apa yang digencarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda terkait pembongkaran pemukiman di bantaran Sungai Karang Mumus (SKM) Jalan Tarmidi, Kelurahan Sungai Pinang Luar, Kecamatan Samarinda Kota, bukan tanpa alasan.

Sehingga ia mengimbau kepada masyarakat untuk memahami upaya pemerintah daerah dalam hal menata tata ruang kota. “Maka dari itu tolong kerja sama masyarakat, tidak mungkin pemerintah mengusir begitu saja pasti ada alasannya,” kata Markaca ditemui di ruang kerjanya, Kantor DPRD Samarinda Jalan Basuki Rahmat Samarinda, Kamis (5/10/2023) kemarin.

Menurutnya, yang dilakukan ini bukanlah penggusuran melainkan penertiban kawasan. “Karena dari awal sudah ada pemberitahuan dan aturannya jelas,” ujar Markaca.

Markaca mengatakan bahwa tujuan normalisasi di Jalan Tarmidi ini memiliki dua alasan. Pertama, menciptakan kenyamanan masyarakat dan yang kedua agar fungsi sungai kembali seperti semula.

“Pada intinya ini untuk kebersihan kota Samarinda sekaligus mengembalikan fungsi sungai kita,” ungkapnya.

Informasi terakhir, terdapat satu bangunan yang masih belum bisa dilakukan pembongkaran, dikarenakan belum adanya ganti rugi yang diterima pemilik bangunan. Hal ini disebabkan karena pemilik bangunan terlambat menyerahkan berkas-berkas kepemilikan bangunanya, sehingga pihak terkait belum memberikan uang ganti rugi.

“Semua harus sesuai dengan regulasinya, saat aturan dijalankan, ya menurut saya tidak masalah,” tanggap Markaca.

Selanjutnya, bangunan yang masih tersisa akan diberikan waktu untuk membongkar sendiri bangunannya, kemudian akan dilanjutkan dibongkar dengan alat berat. “Kita dapat bayangan nantinya kawasan itu akan bagus dan tertata, bahkan saat Teras Samarinda pun jadi akan terlihat wajah Samarinda,” pungkasnya. []

Penulis : Selamet | Penyunting : Budi Untoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com