Legislator Samarinda : Kita Dorong Samarinda Ramah Anak

PARLEMENTARIA SAMARINDA – PEMERINTAH Kota (Pemkot) Samarinda membangun sejumlah playground atau taman bermain untuk anak yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Samarinda. Harapannya, keberadaan playground tersebut dapat menjadi tempat bagi anak-anak di Kota Tepian ini untuk bermain dengan aman dan nyaman. Serta dapat digunakan bagi semua anak.

Selain melatih fungsi motorik, anak-anak pun dapat melatih kemampuan mereka bersosialisasi. Ketika bermain mereka akan belajar bagaimana caranya bekerja sama, berempati dengan orang lain, dan bahkan mulai membangun pertemanan.

Keberadaan playground sangat penting dan dapat membantu tumbuh kembang anak. Karenanya Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Sri Puji Astuti mengimbau kepada masyarkat untuk menjaga fasilitas playground.

Dia mengatakan, fasilitas yang telah dibangun Pemkot Samarinda itu harus dirawat bersama agar tidak kehilangan fungsi sebagai taman bermain anak. Maka ia menyarankan agar masyarakat turut menjaga fasilitas yang sudah dibangun tersebut.

“Jangan cuma pemerintah saja, diperlukan peran dari semua pihak. Masyarakat, camat, lurah maupun RT juga harus berkontribusi di situ. Fasilitas itu kan dibangun untuk masyarakat, jadi ya tentu sangat diperlukan peran masyarakat untuk mengawasi dan menjaganya,” kata Puji saat ditemui di ruang kerjanya di Kantor DPRD Samarinda Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Senin (9/10/2023),

Menurut dia, pembangunan fasilitas tersebut, dinilai sebagai wujud dari program unggulan Wali Kota dan Wakilnya dalam rangka menjadikan Kota Samarinda sebagai kota layak anak. Kendati demikian, ia berharap pembangunan fasilitas tersebut harus dibarengi dengan komitmen yang kuat dari pemerintah dan masyarakat untuk menjaga dan merawatnya.

“Menurut saya di setiap playground itu perlu disediakan petugas khusus untuk merawat dan menjaga taman itu setiap harinya. Kemudian penyelenggaranya juga siapa. Makanya ini saya kira harus diserahkan ke RT, bisa saja Dasawisma yang mengelola bekerjasama dengan kelurahan,” paparnya. []

Penulis : Selamet | Penyunting : Budi Untoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com