DPRD Kaltim Gelar Anugerah BK Awards di Balikpapan

PARLEMENTARIA KALTIM – MALAM penganugerahan Badan Kehormatan (BK) Awards tahun 2023 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berlangsung di Platinum Hotel dan Convention Hall Balikpapan, Jalan Soekarno Hatta Nomor 28, Balikpapan, beberapa waktu lalu (30/09/2023).

Ketua BK DPRD Kaltim Sutomo Jabir mengatakan, tujuan menggelar BK Awards untuk memilih dan memberikan penghargaan anggota DPRD Kaltim yang memiliki dedikasi dan menunjukkan etika serta kinerja yang baik. “BK Awards bertujuan mengingatkan kepada teman-teman di DPRD agar melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Yang sudah baik bisa ditingkatkan, yang belum baik kita perbaiki bersama-sama. Mungkin selama ini karena kesibukan, sehingga tugas utama kita terlupakan,” ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Dia melanjutkan, dengan pemberian penghargaan ini anggota dewan akan selalu ingat tugas dan fungsinya. “Kita mengingatkan bahwa kita punya tugas utama sebagai wakil rakyat. Itu seperti apa dan parameternya seperti inilah,” kata Sutomo, sapaan akrab wakil rakyat asal daerah pemilihan Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, dan Berau ini.

Wakil rakyat yang juga duduk sebagai anggota Komisi III DPRD Kaltim ini mengungkapkan penilaian dalam BK Awards bukan semata dari tingkat kerajinan menghadiri rapat saja. Tetapi juga melalu intervieu dari berbagai elemen mitra kerja DPRD, track record setiap anggota dewan melalui media online atau media sosial dan wawancara dengan staf yang ada di DPRD.

“Variabel penilaiannya meliputi kehadiran saat paripurna, pada komisi dan keaktifan serta kegigihan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Ada pula masukan dari media untuk memberikan presepsi terhadap 55 anggota dewan,” pungkasnya.

BK Award DPRD Kaltim tahun 2023 ini merupakan ajang pertama di Kaltim. Bahkan Ketua BK DPRD Kaltim Sutomo Jabir mengklaim, legislatif tingkat provinsi, Kaltim yang pertama di Indonesia menggelar ajang tersebut. “Sepengetahuan yang saya tahu, Kaltim yang pertama,” tegasnya.

Selama ini, kata dia, pemberian penghargaan bagi anggota dewan itu hanya ada di DPR. Yakni bernama Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Awards yang digelar rutin setiap tahun. Digelarnya malam penganugerahan BK Awards 2023, DPRD Kaltim mengusung tema, “Menjaga Integritas, Menumbuhkan Kepercayaan Publik.”

Sebelum dilaksanakan, agenda yang digarap BK DPRD Kaltim itu melalui beberapa tahapan. Penilaiannya sejak Masa Sidang III Tahun 2022, Masa Sidang I Tahun 2023 hingga Masa Sidang II Tahun 2023. Sutomo Jabir menjelaskan, gagasan pelaksanaan BK Awards itu nyatanya sudah pernah ada pada masa kepemimpinan ketua BK DPRD sebelumnya, yakni Seno Aji. Namun, baru bisa terlaksana saat ini. “Kebetulan tahun 2022 saya jadi ketua BK DPRD Kaltim, sehingga saya masukkan program ini jadi salah satu bagian dari kegiatan BK, dan bisa terealisasi,” bebernya. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com