Harmonisasi Pasal Ranperda, Pansus Raker dengan Biro Hukum dan Bapenda Kaltim

PARLEMENTARIA KALTIM – PANITIA Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengelar Rapat Kerja (Raker) Pansus di Ruang Rapat Gedung E lantai 1 Kantor DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Karang Paci, Samarinda, baru-baru ini (09/10/2023).

Dikatakan Ketua Pansus Ranperda PDRD DPRD Kaltim Sapto Setyo Pramono, raker yang dilaksanakan bersama Biro Hukum Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim itu membahas harmonisasi pasal Ranperda untuk mendapat persetujuan DPRD dan Pemprov Kaltim.

“Harmonisasi pasal yang kita rapikan agar semua terakomodir, terkhususnya pajak dan retribusi karena ada hal yang kita maksimalkan di situ. Senin akan kita laporan akhir untuk proses persetujuan supaya menjadi Perda,” ujar politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini kepada awak media.

Anggota dewan kelahiran Madiun, 10 Januari 1981 ini melanjutkan, Ranperda PDRD yang akan disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) akan mengatur pajak alat berat, mewajibkan plat kendaraan dari luar daerah Kaltim untuk dimutasi menjadi plat Kaltim dan retribusi dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Kita akan menarik pajak alat berat, nomor polisi di luar Kaltim akan dibuat tim terpadu untuk membuat sistem proses balik nama bisa lebih cepat, termasuk potensi pendapatan dari jasa lainnya yakni BLUD. Kita minta untuk ada pemasukan pendapatan,” jelas Sapto, sapaan akrabnya.

“Kemudian menurunkan nilai biaya masuk kendaraan 0,9 persen menjadi 0,8 persen dalam rangka supaya masyarakat tidak membeli kendaraan dari luar Kaltim,” sambung wakil rakyat yang duduk sebagai Anggota Komisi II DPRD Kaltim ini.

Sapto juga menjelaskan bahwa ada fokus khusus pada pajak dan retribusi dari sektor alat berat, dengan rencana pembentukan tim terpadu yang bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kaltim. “Kami telah berusaha maksimal dalam proses ini,” kata Sapto.

Sapto Setyo Pramono juga menjelaskan bahwa ada fokus khusus pada pajak dan retribusi dari sektor alat berat, dengan rencana pembentukan tim terpadu yang bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kaltim.

Ia juga mengungkapkan rencana untuk membentuk tim terpadu dalam rangka inventarisasi alat berat, terutama terkait Pajak Bahan Bakar Alat Berat (PBBAB). “Kami berencana membentuk tim terpadu untuk meningkatkan PAD Provinsi Kaltim melalui sektor ini. Saat ini, aturan tentang alat berat telah berubah sejak munculnya Undang-Undang tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (HKPD), khususnya nomor 1, 2, dan 3, serta PP nomor 35,” ujarnya.

Sapto meyakini bahwa pembahasan Ranperda ini sudah mendekati tahap pelaksanaan. Pada beberapa hari ke depan mereka akan memasuki tahap laporan akhir sebelum melanjutkan proses selanjutnya, termasuk evaluasi dan registrasi. “Setelah itu, kami hanya perlu menunggu persetujuan resmi untuk melanjutkan proses ini. Setelah tahap ini, akan ada evaluasi dan registrasi sebelum pelaksanaan,” kata Sapto.[]

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com