MIN 2 Samarinda Terus Kembangkan Perpustakaan dan Budaya Literasi

SAMARINDA – MADRASAH Ibtida’iyah Negeri (MIN) 2 Samarinda yang beralamat di Jalan Sultan Alimuddin, RT. 26, Kelurahan Selili, Kota Samarinda, terus berupaya mengembangkan perpustakaannya.

Sejalan dengan agenda Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI) yaitu Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), sekolah dasar dengan orientasi pendidikan berbasis ajaran agama Islam ini berupaya untuk mewujudkan perpustakaan sekolah yang dapat memberikan suasana nyaman bagi pengunjungnya, khususnya siswa-siswi di sekolah itu.

“Kedepannya saya akan membuat perpustakaan itu senyaman mungkin. Jadi artinya, siapapun yang berkunjung ke perpustakaan (MIN 2 Samarinda) ini merasa nyaman dan betah membaca buku-buku yang tersedia di sini,” kata Kepala MIN 2 Samarinda Tajuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/10/2023).

Tajuddin juga menjelaskan bahwa upaya yang dilakukannya sejalan dengan program dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yakni pembangunan perpustakaan digital di MIN 2 Samarinda.

Mewujudkan hal itu, pihaknya pun mempersiapkan sarana dan fasilitas yang sesuai untuk menunjang keberadaan perpustakaan digital tersebut.

Namun demikian, dia berharap Kanwil Kemenag Kaltim dapat meningkatkan fasilitas bagunan perpustakaan yang telah ada. Tujuannya agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan dapat lebih mendukung upaya pembudayaan literasi.

 

Sementara dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta didik serta para guru di MIN 2 tentang literasi dan kepustakawanan, sekolah di bawah naungan Kanwil Kemenag Kaltim ini kata Tajuddin, secara rutin melaksanakan kegiatan studi literasi ke Perpustakaan Kota Samarinda.

“Iya, kami ada kegiatan rutin berupa studi literasi ke Perpustakaan Kota Samarinda dalam rangka menumbukan minat baca dan wawasan literasi, tidak hanya kepada peserta didik tetapi juga guru-guru di sini,” jelasnya.

Dalam perbincangan dengan beritaborneo.com, Tajuddin juga menyelipkan harapannya agar layanan Mobil Perpustakaan Keliling milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur dapat secara berkala mengunjungi MIN 2 Samarinda.

“Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan minat baca para murid dengan menyajikan bahan bacaan yang lebih variatif lagi,” pungkas dia. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com