Rendi Harap Masyarakat Dapat Produksi Olahan Rumput Laut

KUTAI KARTANEGARA – Dukung program hilirisasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) membangun Pabrik Rumput Laut di Kecamatan Muara Badak. Wakil Bupati (Wabup) Rendi Solihin berharap pembangunan pabrik rumput laut itu di dapat membuat masyarakat dapat memproduksi berbagai hasil olahan rumput laut untuk selanjutnya dipasarkan, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Hilirisasi merupakan strategi pemerintah guna meningkatkan nilai tambah komoditas yang dimiliki suatu negara. “Untuk menunjang hilirisasi budi daya rumput laut, akan dibangun pabrik rumput laut yang akan beroperasi di Muara Badak,” ucap Rendi Solihin.

Hal ini dilakukan untuk menjamin hasil panen nelayan dan dapat meningkatkan perekonomian pembudidaya rumput laut. “Dengan pabrik sendiri nelayan rumput laut kita bisa mandiri,” tegasnya.

Tak hanya itu, infrastruktur pendukung lainnya juga menjadi perhatian Pemkab Kukar, seperti jalan dan jembatan, termasuk pembangunan rumah sakit dan rumah ibadah.

“Ini tak mungkin terjadi tanpa dukungan semua pihak termasuk masyarakat,” kata Rendi.

Sementara itu, Camat Muara Badak Arpan mengungkapkan, di bawah kepemimpinan Edi-Rendi banyak kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. ”Ini tak lain untuk mewujudkan masyarakat sejahtera dan bahagia,” ucapnya singkat.

Penulis : Tusiman | Penyunting : Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com