Pemcam KBD Rencana Bangun Intake untuk 5 Ribu Ruta

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kecamatan Kota Bangun Darat (KBD), Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berencana membangun Intake (pipa masuk) untuk memenuhi kebutuhan air bersih di enam desa. Adapun sumber air baku intake ini diambil dari Danau Kumbara, yang telah diuji kualitasnya oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Kukar serta Sumber Daya Air (SDM).

Camat Kota Bangun Darat, Zulkifli.

Camat Kota Bangun Darat, Zulkifli, mengatakan proyek ini akan memberikan manfaat akses air bersih kepada sekitar kurang lebih sebanyak 5 ribu rumah tangga (ruta) di Desa Kota Bangun I, Kota Bangun II, Kota Bangun II, Sumber Sari, Wonosari, dan Kedang Ipil.

“Diperkirakan perencanaan pembangunan akan dimulai pada tahun 2024. Saat ini, sebagian warga menggunakan air bersih dari program Pamsimas (Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, red) atau SPAM, tetapi keberadaannya belum merata, dan Intake diharapkan dapat menyediakan air bersih untuk semua desa yang terdampak,” ucapnya, Kamis (02/11/2023).

Ia menambahkan bahwa keberadaan intake ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi jika memasuki musim kemarau air cukup susah di dapat. Sehingga dengan adanya intake ini setidaknya bisa membantu masyarakat. Sebab yang menikmati air bersih tersebut, warga yang tinggal di areal jalan poros.

Sedangkan yang tinggal bagian dalam belum merasakan manfaatnya. “Jadi masyarakat memanfaatkan sumur bor, dengan adanya Intake ini, kami berharap semua pelanggan di 6 desa bisa terpenuhi (air bersih),” tutupnya.

Penulis : Tusiman | Penyunting : Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com