Kantor Dewan Digeruduk Ratusan Pelajar MTS Negeri Samarinda

PARLEMENTARIA KALTIM – KANTOR Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Jalan Teuku Umar, Karang Paci, Samarinda. Rabu (08/11/2023), digeruduk oleh 350 siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri Samarinda. Mereka sedang melaksanakan peningkatan mutu pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Suara Demokrasi.

Kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi dari anggota dewan karena sebagai langkah mendapatkan pengalaman baru bagi siswa/siswi MTs. Yang tidak hanya belajar teori di lingkungan sekolah saja, tetapi di luar sekolah sehingga membuat motorik siswa bergerak aktif dalam beradaptasi.

“Ini adalah generasi Z, di mana mereka ini rata-rata baru berusia 13 tahun. Kita berharap 26 tahun lagi mereka akan menjadi calon pemimpin ke depan,” ungkap Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim Puji Setyowati kepada media ini usai bertatap muka dengan para pelajar MTS Negeri Samarinda. Dalam kesempatan itu, Puji Setyowati didampingi anggota Komisi IV Fitri Maisyaroh.

Para pelajar dibagi menjadi dua grup dengan dua sesi pemaparan di ruang rapat sisi kiri dan sisi kanan Gedung E lantai 1 Kompleks DPRD Kaltim. Kepada para pelajar, Puji Setyowati memaparkan tentang motivasi kepemimpinan dan kiat serta tantangan menjadi pemimpin.

Politisi perempuan dari Partai Demokrat ini mengatakan, pendidikan pada usia dini selain memberikan ilmu pengetahuan juga harus dibarengi dengan dunia sosial supaya mengembangkan karakter setiap pelajar.

“Sejak dini sudah dipersiapkan tidak hanya secara ilmu pengetahuan tetapi juga Bagaimana kepekaan sosial dalam menghadapi perubahan di era digital dan bagaimana menumbuhkan karakter bagi anak didik,” kata anggota dewan dari daerah pemilihan Samarinda ini.

 

Dia melanjutkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada dewan guru dan staf pendamping dari MTS Negeri Samarinda dalam menggagas kegiatan ini. Dia pun berharap kegiatan kunjungan yang dilakukan MTS Negeri Samarinda dapat mendukung terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas.

“Ini adalah langkah strategis yang dilakukan oleh MTS Negeri Samarinda dalam rangka mempersiapkan SDM yang sehat, pintar, cerdas dan unggul. Kemudian mempunyai daya saing yang punya karakter yang baik,” ujar wakil rakyat yang juga duduk di posisi anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kaltim ini. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com