Kesuksesan Penyelenggaraan Turnamen Catur Dapat Apresiasi

PARLEMENTARIA KALTIM – Penyelenggaraan Turnamen Catur Terbuka di Taman Catur Pesut, Samarinda, akhirnya sukses digelar.  Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Nidya Listiyono memberikan apresiasi atas  terselenggaranya suksesnya turnamen adu otak itu.

Berlokasi di Jalan Pesut, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda, Ahad (12/11/2023), kegiatan tersebut ditutup oleh Tyo, sapaan akrab anggota Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) dari daerah pemilihan Kota Samarinda itu.

Penutupan dihadiri pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Samarinda, dan diikuti para peserta dari tokoh masyarakat, politisi, pendidikan, agama, pemuda hingga kalangan pelajar Sekolah Menengah Pertama, bertajuk menjunjung tinggi sportivitas.

Selain menutup secara resmi turnamen itu, wakil rakyat kelahiran Madiun, 29 September 1980 tersebut juga memberikan piagam dan hadiah uang pembinaan kepada para juara. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Semoga bisa menjadi wadah bagi para pecatur untuk menyalurkan bakat dan minat serta mengarahkan pemuda ke arah yang lebih positif,” katanya.

Nidya Listyono

Turnamen itu, kata Tyo, tidak semata-mata menjadi ajang pertandingan mencari yang berprestasi, tetapi juga menjadi ajang silaturahmi dan untuk menghibur. Sehingga menang dan kalah adalah bonus, karena tujuan utamanya adalah hiburan.

“Selain memperingati Hari Pahlawan, kegiatan ini untuk menghibur kita semua. Jadi bagi yang tidak juara jangan berkecil hati, kemungkinan di lain tempat dan waktu kalian akan juara. Pada intinya terus semangat untuk mengembangkan potensi minat dan bakat kalian,” papar Tyo.

Dijelaskan anggota Badan Musyawarah dan juga anggota Badan Anggaran DPRD Kaltim ini, memang sepatutnya kegiatan turnamen catur dilaksanakan secara berkesinambungan. “Kita ingin turnamen catur terus kita adakan dalam momentum peringatan hari-hari besar, agar silaturahmi kita terjaga dan memaknai hari nasional kita implementasi secara bersama,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Tyo juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana dan masyarakat yang hadir atas suksesnya turnamen catur.  “Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran panitia pelaksana dan seluruh masyarakat yang antusias mengikuti kegiatan turnamen. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua,” tutupnya.

Sebelumnya diwartakan bahwa kegiatan tersebut sepenuhnya didukung oleh Tyo, mulai dari akomodasi kegiatan, sarana prasarana, hadiah hingga konsumsi bagi panitia. Meskipun Tyo merupakan Ketua Pengurus Provinsi Perserikatan Basebol Sofbol Seluruh Indonesia (Perbasasi) Kaltim, tetapi perhatiannya terhadap masyarakat olahraga juga tinggi, sehingga aspirasinya dijembatani.

Tujuan turnamen, selain sebagai ajang hiburan, juga untuk mendorong para pemain catur di usia dini, agar lebih termotivasi, dan dapat lebih menunjukkan prestasinya. Kegiatan itu sendiri berlangsung selama dua hari, dimulai Sabtu (11/11/2023) kemarin dan berakhir hari ini. []

Penulis: Selamet | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com