AHK Buka Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim 2023

DISPORA KALTIM – BERTEMPAT di lapangan sepak bola Stadion Madya Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening, Sempaja, Samarinda, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim menggelar Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim tahun 2023.

Sebanyak 200 atlet sepak bola wanita dari tujuh kabupaten/kota di Kaltim, yakni Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Paser, Balikpapan, Berau dan Kutai Timur berlaga, unjuk kebolehan mengolah si kulit bundar. Ketujuh tim ini terbagi ke dalam dua grup dengan menggunakan sistem setengah kompetisi.

Saat membuka Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim 2023, Pj Gubernur Kaltim melalui Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim Agus Hari Kesuma mengatakan, kejuaraan tersebut bukan hanya sebuah ajang kompetisi, melainkan untuk mempersiapkan bibit-bibit unggul sepak bola wanita Kaltim, menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang akan digelar di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara pada September 2024 mendatang.

“Pentingnya acara ini semakin terasa dikarenakan sepak bola wanita Kaltim telah berhasil lolos melangkah melalui Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) bulan Oktober lalu di Kalimantan Tengah (Kalteng),” ungkap Agus yang akrab disapa AHK ini saat membuka Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim 2023 di Stadion Madya GOR Kadrie Oening, Sempaja, Samarinda, Kamis (16/11/2023).

Dalam BK PON di Kalteng, kesebelasan wanita Kaltim mampu melewati hadangan kesebelasan wanita Kalimantan Selatan (Kalsel) di pertandingan perdana. Bahkan tak tanggung-tanggung, 11 gol berhasil disarangkan kesebelasan wanita Kaltim ke gawang lawan.

Sayangnya, di pertandingan kedua menghadapi tuan rumah Kalteng, kesebalasan wanita Kaltim harus puas berbagi angka setelah bermain imbang 1-1. Namun hasil tersebut tak bisa menahan laju tim wanita Kaltim untuk lolos ke PON XXI/2024.

 

AHK mengatakan, Kejuaraan Sepak Bola Wanita Piala Gubernur Kaltim 2023 menjadi bukti konkrit komitmen Dispora Kaltim bersama Asosiasi Provinsi (Aspro) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kaltim dalam pengembangan olahraga sepak bola, khususnya sepak bola wanita.

“Dengan format pertandingan yang seru dan dukungan penuh dari Asprov PSSI Kaltim, turnamen ini tidak hanya menjadi ajang persaingan, tetapi juga menjadi sarana pembinaan atlet yang berpotensi di Kaltim,” kata AHK.

Menurut dia, tim sepak bola wanita Kaltim telah lolos pra-PON, sehingga tim yang ada tinggal mempersiapkan dengan matang untuk menambah jam terbang dan pengalaman sebelum bertanding di pesta olahraga empat tahunan tersebut.

“Selain untuk menambah jam terbang, kami mengharapkan melalui event ini bisa terlahir bibit-bibit baru atlet sepak bola wanita Kaltim yang handal berkualitas dan berprestasi di tingkat nasional atau bahkan di tingkat internasional,” paparnya.

AHK juga mengingatkan kepada semua peserta untuk menjunjung tinggi nilai sportivitas, sembari berjuang mencari prestasi terbaik untuk tim masing- masing. Oleh karena itu, dia berharap pertandingan dapat berlangsung dengan aman, tertib dan berkualitas.

“Mari kita bangkitkan olahraga sepak bola wanita di Kaltim, sehingga bisa tampil lebih baik seperti halnya sepak bola pria,” katanya lagi seraya mengajak olahraga sepak bola wanita ini dikembangkan kepada semua lapisan masyarakat mulai dari anak-anak usia dini, para pelajar hingga perguruan tinggi.

Sementara itu, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim Masturi Akbar Tapipullah menuturkan turnamen ini diikuti 200 peserta dari 7 Kabupaten dan Kota yakni dari Samarinda, Kukar, Kubar, Paser, Balikpapan, Berau dan Kutim.

Piala Gubernur Kaltim untuk kejuaraan sepak bola wanita ini digelar selama tujuh hari, 15-21 November dan terbagi menjadi tujuh tim yang terbagi dalam dua grup yakni grup A dan grup B. Di mana masing-masing juara dan runner up grup akan maju ke babak semifinal dan pemenangnya bertemu di final.

“Mari bersama-sama dan mendorong olahraga sepak bola wanita ini perwakilan Kaltim nantinya untuk berlaga di PON 2024,” ajaknya. []

Penulis : Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com