Targetkan Lumbung Pangan, Pemkab Kukar Terus Salurkan Alsintan

KUTAI KARTANEGARA – Sektor Pertanian menjadi salah satu Program Unggulan Kartanegara (Kukar) Idaman yang dicanangkan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah. Selain itu, pihaknya juga menargetkan Kukar sebagai wilayah Lumbung Pangan di Kalimantan Timur (Kaltim) di masa depan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Bupati Kukar kembali menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa mesin panen kepada kelompok tani di Desa Bangun Rejo di Kantor Camat Tenggarong Seberang, Jalan Pahlawan, Manunggal Jaya,  Kamis (16/11/2023).

Di hadapan awak media, Bupati Kukar Edi Damansyah menjelaskan, dalam program Kukar Idaman, permasalahan sektor pertanian menjadi salah satu permasalahan utama yang ingin diselesaikan pihaknya. Di mana Kukar mempunyai cita-cita menjadikan Kukar sebagai wilayah lumbung pangan di Kalimantan Timur dengan mempertimbangkan keunggulan lahan pertanian yang dimiliki.

“Kami menyerahkan bantuan pupuk, bibit dan alat combain di beberapa kelompok tani di desa Bangun Rejo. Upaya ini sendiri merupakan komitmen kami untuk melakukan penguatan SDM pada kelompok tani yang ada,” ucapnya.

“Apalagi melalui Program Kukar Idaman, kami memiliki cita-cita untuk menjadikan Kukar sebagai Lumbung Pangan. Oleh sebab itu penguatan Kelembagaan, SDM dan sarana prasarana, sangat dibutuhkan,” lanjutnya.

Edi Damansyah juga menambahkan, dalam waktu dekat juga akan dibuka pinjaman Kukar Idaman untuk memperkuat permodalan petani. Oleh karena itu, ia berharap tidak hanya sumber daya manusia yang ditingkatkan, tetapi petani juga memiliki tambahan modal untuk pelaksanaannya.

“Untuk menambah penguatan modal bagi para petani, nelayan maupun peternak dalam waktu dekat juga kredit Kukar Idaman akan segera dibuka. Harapannya Kredit Kukar Idaman ini bisa membantu para petani untuk lebih produktif ke depannya,” tandas Edi Damansyah. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com