Masuk 15 Besar Desa Pela Banggakan Pemkab Kukar

KUTAI KARTANEGARA – Berhasil masuk dalam 15 besar Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar bangga. Penilaian dilakukan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa) Direktorat Jendral Pembangunan Desa dan Pedesaan pada tanggal 31 Oktober hingga 2 November lalu.

Atih Hayati, Kabid Pendayagunaan Sapras, SDA, dan TTG mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengatakan bahwa prestasi ini memperkuat potensi wisata desa sebagai kebanggaan untuk Kutai Kartanegara.

Lomba ini mengedepankan kegiatan wisata yang melibatkan interaksi dengan masyarakat setempat, mendukung pengembangan desa wisata di Kutai Kartanegara. “Piagam dan lencana Satya akan diberikan kepada 30 Kepala Desa dan 30 Bupati yang desanya masuk dalam 15 besar,” ujarnya, Sabtu (18/11/2023).

Ia menambahkan bahwa Kabupaten Kukar memiliki beragam potensi daerah yang bisa diolah dan itu berupa merupakan suatu kebanggaan bagi Kukar, Wisata pedesaan merupakan kegiatan wisata yang hanya menekankan kegiatan wisata di obyek wisata yang ada di desa dan kegiatan wisata tersebut tidak terfokus pada kegiatan masyarakat di dalamnya.

Sementara desa wisata (tourism village) menekankan pada interaksi dengan masyarakat setempat. Jadi tidak harus memiliki Objek Wisata, Desa Wisata bisa dilakukan dengan mengeksplor kegiatan sehari-hari masyarakat seperti di Hulu Mahakam bisa menjual paket wisata memancing di alam atau bercocok tanam di lahan gambut dan hal tersebut dikelola oleh BUMDES setempat.

Penulis : Tusiman| Penyunting : Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com