Sosbang, Bagus Susetyo Sambangi Karang Joang

PARLEMENTARIA KALTIM – GIAT Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) juga dilakukan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Bagus Susetyo. Kali ini Ketua Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPRD Kaltim itu menyambangi warga Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Sabtu (25/11/2023).

Dalam sosialisasi tersebut, wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) Balikpapan ini didampingi narasumber Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kota Balikpapan Sikap Ebin Marwi dengan moderator Fiqih Wahyu Ali Akbar.

Di hadapan warga yang antusias mengikuti sosbang, Bagus Susetyo menjelaskan, wawasan kebangsaan ini sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat. Terutama empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta Bineka Tunggal Ika.

“Jadi sosialisasi empat pilar kebangsaan ini sangat penting untuk menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” kata Bagus Susetyo.

Selain itu, menurut Bagus, wawasan kebangsaan ini sangat penting untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat dengan beragam suku, agama dan golongan agar hidup rukun.

Sedangkan tujuan dari sosialisasi wawasan kebangsaan kata Bagus, yaitu sebagai upaya mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan bermasyarakat yang mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa dan daerah.

“Selain itu, mewujudkan warga negara Indonesia yang memiliki tekad, sikap dan tindakan yang teratur, menyeluruh, terpadu dan guna meniadakan setiap ancaman baik dari luar maupun dari dalam negeri yang membahayakan kemerdekaan dan kedaulatan negara kesatuan wilayah nasional serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945,” paparnya

Ia berharap, ke depan nilai-nilai dalam Pancasila harus tetap dipertahankan sehingga tidak sekadar dihafal tetapi harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti toleransi dan kebersamaan antar warga yang hidup bergotong-royong.

Pada kesempatan tersebut Bagus Susetyo juga menyampaikan beberapa program pemerintah yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Di antaranya Beasiswa Kaltim Tuntas, bantuan untuk pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM), hingga pelatihan tenaga kerja menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim.

Di akhir sosialisasi dilakukan sesi tanya jawab singkat terkait Wawasan Kebangsaan. Semua pertanyaan dijawab dengan lugas oleh Bagus Susetyo bersama narasumber Ebin Marwi. []

Penulis: Selamet | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com