Dipimpin Pj Gubernur, Dispora Kaltim Hadir di Upacara HUT Korpri ke-52

DISPORA KALTIM – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-52 tahun 2023, di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Rabu (29/11/2023).

Dengan tema “Korprikan Indonesia”, upacara ini dihadiri Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Susilo, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltim, Staf Ahli Gubernur Kaltim, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim, Asisten, pimpinan dan staf perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltim, termasuk dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim yang diwakili Analis Kebijakan Ahli Muda Dispora Kaltim Nurdin, beserta beberapa staf Dispora Kaltim.

Membacakan sambutan Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Pusat, Pj Gubernur Akmal Malik menyampaikan peringatan HUT ke-52 Korpri menjadi momentum sebagai upaya untuk menjadikan Korpri sebagai perekat pemersatu bangsa. Sekaligus menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian 4,4 juta ASN anggota Korpri di seluruh Indonesia.

“Ada dua poin yang menjadi perhatian bagi Korpri ke depan, yaitu perkembangan teknologi informasi dan perubahan masyarakat. Jadi bagaimana memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan memanfaatkan update teknologi informasi untuk memenuhi permintaan masyarakat yang membutuhkan pelayanan lebih cepat, mudah dan akurat,” kata Akmal Malik.

 

Akmal mengatakan, pesatnya pertumbuhan aplikasi digital yang tidak hanya dirasakan di perkotaan tetapi juga di daerah-daerah pedesaan. Di sektor pemerintahan, layanan tatap muka bertransformasi menjadi layanan digital, namun, masih terdapat tantangan integrasi aplikasi digital di berbagai kementerian dan lembaga pemerintahan.

Karenanya lanjut Akmal, Korpri Kaltim juga perlu memperkuat kompetensi digital serta budaya digital Aparatur Sipil Negara, sekaligus membentuk layanan digital pemerintah yang terpadu untuk memenuhi kebutuhan warga.

“Korpri sangat memengaruhi kinerja birokrasi. Sebagai mesin penggerak pembangunan, birokrasi harus dalam kondisi prima. Baik dan buruknya pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan ditentukan oleh kinerja birokrasi. Sebagai aset bangsa, ASN berhak mendapatkan kesejahteraan yang layak. Yang harus diiringi dengan kinerja ASN yang optimal,” jelas Akmal.

Secara khusus, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini berpesan kepada jajaran Korpri di Kalimantan Timur agar dalam menghadapi tahun politik ini, para ASN bisa menjaga netralitas.

Akmal menambahkan, ASN harus memahami bahwa mereka adalah abdi negara dan abdi masyarakat. Ini adalah tahun politik, sebagai ASN tentu sudah berjanji dan bersumpah untuk menaati seluruh peraturan perundangan yang berlaku. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014, ASN diminta untuk netral.

“Jadi tolong, kami mengimbau kepada seluruh ASN dan jajaran Korpri untuk mengedepankan netralitas dalam pelaksanaan pemilu ke depan,” pungkasnya.

Usia memimpin upacara, Pj Gubernur Akmal Malik didampingi Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni sekaligus Ketua DP Korpri Kaltim menyerahkan secara simbolis Satya Lancana Karya Satya (SLKS) 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun kepada ASN lingkup Pemprov Kaltim, serta uang pembinaan bagi PNS berprestasi pada pelaksanaan MTQ VI Korpri Nasional di Padang, Sumatera Barat dan Pornas Korpri XVI di Semarang, Jawa Tengah.

Sementara itu, Analis Kebijakan Ahli Muda Dispora Kaltim Nurdin ketika diminta komentarnya tentang peran Korpri bagi para ASN di Kaltim mengatakan, ada dua peran yang cukup dirasakan. Pertama terkait masalah kesejahteraan, dan kedua adalah pembinaan olahraga untuk para ASN.

Untuk di bidang olahraga, melalui Badan Pembinaan Olahraga (Bapor) Korpri Kaltim mendorong dan memfasilitasi ASN untuk meningkatkan bakat dan kemampuannya di bidang olahraga. Bahkan Korpri secara reguler melaksanakan kompetisi olahraga, baik tingkat lokal melalui Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Korpri dan di tingkat nasional ada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri.

“Kalau di olahraga, Korpri selalu melaksanakan kegiatan olahraga dan itu merupakan ajang untuk menyalurkan bakat para ASN untuk berkreasi di bidang olahraga,” ucap Nurdin.

Sementara terkait kesejahteraan, Nurdin mengungkapkan Korpri ikut memperjuangkan kesejahteraan ASN. Caranya melalui koordinasi dengan pihak-pihak berkompeten untuk mencari solusi agar kesejahteraan ASN terus dapat ditingkatkan. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com