Wonderful Kukar 2023 Berikan Peningkatan Penjualan Pedagang

KUTAI KARTANEGARA – Perputaran ekonomi pada Wonderful Kukar 2023, mencapai Rp 7 Miliar. Diketahui, Wonderful Kukar 2023 digelar selama dua hari, 2-3 Desember di Lapangan L3 Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Sebarang.

Dalam dua hari pelaksanaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menghadirkan JKT 48 dan NDX AKA, “Dalam dua hari pelaksanaan Wonderful Kukar 2023, kami perkirakan perputaran ekonomi mencapai Rp 7 Miliar,” Kabid Pariwisata, Dinas Pariwisata Kukar, David HK.

Ia menjelaskan, dari hasil pantuan pihaknya, rata pedagang yang berjualan disekitar lokasi acara bisa meraup penghasilan mencapai Rp 5-6 Juta.

Lalu, lahan-lahan parkir yang dikelola masyarakat, bisa meraup penghasilan mencapai Rp 1,3 Juta lebih, “Artinya masyarakat sekitar juga mendapatkan manfaat yang besar dari event-event seperti ini, dagangan mereka laku keras,” jelasnya.

Pedagang dan pelaku UMKM memang mendapatkan banyak berkah dari event kali ini. Penghasilan yang didapatkan alami peningkatan cukup signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasa berjualan.

“Alhamdulillah ramai ini, ya biasanya saya kalau event seperti pasti saya datangi. Kalau untuk penghasilan, pasti ada peningkatan dari hari biasanya,” ucap Akhmad Mujianto, salah satu pedagang, Senin (04/12/2023).

Sama halnya dengan Akhmad Mujianto, Andre juga mengaku mendapatkan penghasilan yang cukup besar saat berjualan di Wonderful Kukar 2023.

Dia menilai, dagangannya kerap habis ketika yang datang artis dan band besar, “Kalau yang datang seperti Denny Caknan, Mr Jono & Joni, itu pasti habis dagangan. Kalau sekarang, ya lumayan lah,” tuturnya.

“Semoga acara-acara seperti ini lebih banyak lagi digelar, karena lumayan meningkat pendapatan kami,” sambungnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, mengatakan seluruh event yang diselenggarakan pemkab memang diperuntukkan bagi peningkatan perekonomian masyarakat, selain sebagai hiburan rakyat.

“Jadi hiburannya kita dapat, perekonomian juga meningkat, ini tidak hanya berefek terhadap UMKM, pedagang sekitar di lokasi acara, tapi hingga ke penginapan dan perhotelan,” jelasnya.

Rendi memastikan Kukar Kaya Festival kembali dilanjutkan pada 2024 dengan konsep dan acara yang lebih meriah.

“Dengan banyaknya manfaat dari event-event seperti ini, tentu menjadi bahan pertimbangan kami untuk melanjutkan Program Kukar Kaya Festival di tahun depan,” ujar Rendi. (ADV/TMI/KUTAIKARTANEGARA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com