Pastikan Pemilu Aman dan Damai, Pemkab Kukar Silaturahmi dengan Tokoh Agama

KUTAI KARTANEGARA – DALAM rangka rangka pengawasan partisipatif Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Badan Kesatuan Politik dan Bangsa (Kesbangpol) Kukar menggelar Silaturahmi Bersama Tokoh Agama se-Kukar, di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar, Tenggarong, Kamis (07/12/2023)

Asisten I Setkab Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Akhmad Taufik Hidayat mengatakan, saat ini masa kampanye telah berkembang menjadi sangat krusial. Karena pada tahapan ini seringkali ada kemungkinan terjadinya konflik, perselisihan, bahkan perpecahan, yang disebabkan oleh isu-isu yang tidak benar selama masa kampanye. Terutama jika isu-isu tersebut berkaitan dengan Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).

“Secara kelembagaan, kami terus berupaya untuk memastikan pemilu yang aman, damai, adil, jujur, terhormat, dan bermartabat, salah satunya dengan berkomunikasi dengan para tokoh agama. Meski secara histori, Kukar tak pernah bersinggungan dengan isu SARA selama pemilu. Namun kami tak ingin berfikir underestimate,” ucap Taufik.

Lebih lanjut, dia berharap pemilu 2024 nantinya akan berlangsung secara aman, nyaman, damai, dan menyenangkan di seluruh Kabupaten Kukar. Karena itu, diharapkan para tokoh agama yang ada di seluruh Kabupaten Kukar turut terlibat dalam menjaga keamanan. Serta partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi dengan senang hati.

“Harapan kami karena kita ini akan menghadapi pesta demokrasi, masyarakat juga harus menghadapi pesta demokrasi ini dengan gembira. Serta jangan mudah tertipu daya dengan isu-isu yang tak dapat dipertanggungjawabkan,” harap Taufik.

Selain itu, terlepas dari rencana pertemuan dengan tokoh agama se-Kukar tersebut, Melalui Kesbangpol, Taufiq menyatakan bahwa untuk menjaga keadaan kondusif di masyarakat, pertemuan rutin antar tokoh agama juga sering diadakan.[]

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com