Turnamen Basket 5on5 Jadi Ajang Seleksi Atlet ASN ke Porprov dan Pornas Korpri

DISPORA KALTIM – Meriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-52 tahun 2023 dan HUT Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) ke-67 tahun 2024, Badan Pembina Olahraga (Bapor) Korpri Provinsi Kaltim bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim menggelar sejumlah turnamen.

Ada 10 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam rangkaian HUT Korpri ke-52 dan HUT Kaltim ke-67. Diantaranya Senam Korpri, tenis lapangan, tenis meja, balap sepeda, catur, bola volly, futsal, bulutangkis dan bola basket.

Untuk turnamen basket sendiri, pertandingan dipusatkan di Gedung Serbaguna Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening Jalan KH Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda yang digelar selama dua hari, tanggal 06 dan 07 Desember 2023.

Kompetisi ini diikuti oleh seluruh pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Yang berada di organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi vertikal yang ada di Kaltim.

Perangkat daerah serta instansi vertikal Pemprov Kaltim ini diantaranya adalah, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diperindagkop UKM), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Kemudian Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), dan Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Biro Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kaltim, Inspektorat Wilayah (Itwil) Kaltim dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Di hari pertama, pertandingan basket dimulai dengan basket putra sistem lima lawan lima (5on5) Pemprov Kaltim Selection yang terdiri dari Kaltim Berdaulat, Kaltim Maju dan Kaltim Berani. Para pemain Kaltim Selection ini adalah ASN, non ASN, PPPK serta instansi vertikal di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

Setelah tiga game, Kaltim Berdaulat harus menerima kekalahan dan harus puas di posisi ketiga. Sementara Kaltim Maju dan Kaltim Berani maju ke babak berikutnya.

Koordinator pertandingan cabang olahraga basket Reza Roesmana kepada awak beritaborneo.com menjelaskan, selain sebagai ajang silaturahmi menyambut HUT Korpri ke-52 dan HUT Kaltim ke-67, kegiatan tersebut sekaligus merupakan ajang pemantauan dan seleksi awal untuk mencari pemain dari kalangan ASN.

“Nantinya para pemain yang terpilih dari kalangan ASN ini akan mengikuti ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Korpri Kaltim yang akan dilaksanakan di Kabupaten Paser pada Juli 2024 mendatang,” kata Reza yang juga merupakan pemain tim Pemprov Kaltim Berani.

“Jadi sudah ada persiapan sebelum Porprov dilaksanakan. Sesuai juknis, Proprov Korpri hanya bisa diikuti oleh PNS dan PPPK yang ada di lingkup OPD Se-Kaltim,” jelas Reza lagi.

Dia juga merencanakan, di awal tahun 2024 nanti dirinya akan mengusulkan untuk mengadakan kompetisi Kejuaraan Provinsi ASN guna kembali menjaring para atlet di kalangan ASN Pemprov Kaltim.

Hal tersebut untuk dapat memastikan, atlet dari kalangan aparatur sipil negara mana saja yang pantas untuk diberangkatkan ke Porprov Korpri Kaltim 2024 mendatang, serta Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri tahun 2025.

“Berkaca dari Pornas Korpri 2023 yang berlangsung di Semarang, Jawa Tengah kemarin, banyak yang harus dievaluasi. Salah satunya, kita harus lebih selektif menjaring atlet di kalangan ASN, serta kompetisi antar ASN di lingkungan Pemprov Kaltim harus lebih diperbanyak lagi,” papar Reza.

Sementara Salah satu peserta pertandingan yakni Elfasah, dari Tim Kemenkumham Kaltim mengaku telah mempersiapkan diri serta tim. Untuk mengikuti gelaran turnamen bola basket tersebut.

“Kami siapkan dari beberapa bulan lalu, dan kami bermain cukup baik. Alhamdulillah kami diberikan kemenangan. Selanjutnya kami harap Tim Kemenkumham dapat berpartisipasi ke tingkat yang lebih tinggi seperti Porprov,” pungkasnya. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com