Turnamen Basket Korpri Kaltim Berakhir, Bagus : Tingkatkan Prestasi dan Teruslah Berlatih

DISPORA KALTIM – Turnamen Bola Basket menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-52 tahun 2023 dan HUT Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) ke-67 tahun 2024 telah berakhir dan menghasilkan pemenangnya.

Turnamen yang diikuti oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN), baik Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) maupun tenaga honorer dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi vertikal di lingkungan Pemprov Kaltim ini terbagi ke dalam dua pertandingan.

Untuk sistem lima lawan lima (5on5), Tim Pemprov Kaltim Berani keluar sebagai juara pertama, diikuti Tim Pemprov Kaltim Maju di tempat kedua dan Tim Pemprov Kaltim Berdaulat sebagai juara ketiga.

Sementara di sistem tiga lawan tiga (3on3), Juara pertama direbut Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham Prov. Kaltim A, juara kedua Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda dan di tempat ketiga Kanwil Kemenkumham Prov. Kaltim B.

Pemberian hadiah kepada para juara turnamen basket garapan Badan Pembina Olahraga (Bapor) Korpri Kaltim bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Prov. Kaltim dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dispora Kaltim yang diwakili Kepada Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim Bagus Surya Saputra di Gedung Serbaguna Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening Jalan KH Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda, Kamis (07/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Bagus Surya Saputra berharap para atlet basket ASN di lingkup Pemprov Kaltim, terkhusus para juara, dapat terus meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya sebagai pemain atau atlet basket.

“Dengan harapan, para juara ini ke depannya dapat membawa nama Prov Kaltim di ajang Pekan Olahraga Korpri Provinsi maupun Pornas Korpri tahun 2025 mendatang,” katanya.

Dia juga berpesan, agar para pemenang dalam perlombaan basket Korpri Kaltim dapat terus meningkatkan prestasi, dan jangan pernah berhenti untuk terus berlatih.

“Kita jangan lalu berpuas diri dengan apa yang kita capai sekarang. Karena ke depannya, masih banyak event-event yang harus kita raih, dengan membawa nama baik Kaltim,” tegasnya.

Sementara salah satu penggawa juara pertama dari Tim Pemprov Kaltim Berani Reza Roesmana mengungkapkan, turnamen basket ini merupakan sinyal yang baik untuk pembinaan bagi ASN di lingkup Pemprov Kaltim dalam menggali bibit olahragawan dan mencari bakat terpendam para ASN di bidang olahraga.

Apalagi sambung Reza, animo keikutsertaan para ASN Pemprov Kaltim untuk mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Bahkan katanya, ada 35 sampai 45 pemain yang memiliki kualitas dan bisa disandingkan dengan atlet profesional. Namun untuk terus mengasah kemampuan para ASN ini, masih terkendala oleh waktu dan fasilitas sehingga tidak bisa dilakukan secara rutin.

“Kendala adalah dari segi waktu yang dimiliki para ASN ini antara satu dengan yang lainnya masih belum bisa dikondisikan,” ujar Reza.

Selaku koordinator turnamen basket Korpri Kaltim, Reza juga menjelaskan, sejak awal pembentukan Pemprov Kaltim Selection yang terbagi dalam tiga tim yakni Tim Pemprov Kaltim Berdaulat, Kaltim Maju dan Kaltim Berani, pihaknya melakukan pemilihan pemain sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya.

“Kami tidak menempatkan yang terbaik hanya dalam satu tim, melainkan para pemain yang memiliki potensi dan kualitas, semua terbagi rata di masing-masing tim Pemprov Kaltim Selection ini,” jelasnya.

Reza menargetkan, para ASN baik dari organisasi perangkat daerah maupun dari instansi vertikal di ruang lingkup Pemprov Kaltim yang ikut turnamen basket Korpri Kaltim ini nantinya bisa ikut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Korpri Kaltim di Paser pada 2024 dan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri di Palembang, Sumatera Selatan pada 2025 mendatang.

“Karena, ada lima sampai tujuh pemain yang telah terpantau memiliki potensi untuk bisa ikut serta ke dalam ajang Pornas Korpri tahun 2025 nanti,” ujarnya.

Sedangkan untuk Porprov Korpri 2024 nanti, Reza menyebut tidak ada kendala yang signifikan. Hal ini dikarenakan, untuk mencari atlet basket yang akan diberangkatkan ke Porprov Korpri nanti, Pemprov Kaltim dapat diperbantukan oleh dinas-dinas di kota maupun kabupaten Se-Kaltim. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com