Sosbang di Mugirejo, Jahidin Harap Warga Paham Empat Pilar Kebangsaan

PARLEMENTARIA KALTIM – Mendekati penghujung tahun 2023, sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (wasbang) ke seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Kaltim.

Kegiatan Sosialisasi Wasbang (sosbang) juga dilakukan anggota Komisi I DPRD Kaltim J Jahidin di halaman rumah warga Rukun Tetangga (RT) 15, Jalan Lubuk Sawah, Kelurahan Mugirejo, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda, Jumat (08/12/2023).

Peserta sosialisasi Wasbang adalah warga RT 15 Mugirejo, dalam kesempatan itu J Jahidin politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap warga memahami empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta Bineka Tunggal Ika.

“Harapan kita supaya masyarakat mendalami artinya program ini kita kembangkan kembali dan tumbuhkan kembali,” ujar wakil rakyat yang juga duduk di posisi anggota Badan Anggaran DPRD Provinsi Kaltim ini.

Dijelaskan Jahidin, Sosbang ini digelar untuk mensosialisasikan empat pilar kebangsaan dan sudah merupakan agenda rutin yang disusun oleh Badan Musyawarah DPRD Kaltim, “sesuai dengan agenda Badan Musyawarah DPRD, kita di wajibkan untuk turun ke masyarakat mensosialisasikan dalam kaitannya dengan sosialisasi Wasbang ini,” kata anggota Dewan dari daerah pemilihan Samarinda ini.

Dia menegaskan, kegiatan ini memiliki dasar hukum yang kuat, tercantum dalam UUD 1945 pasal 27 Ayat 3. Sosbang bukan hanya kegiatan terpisah melainkan bagian integral dari upaya bersama dalam pembelaan negara dan membangun kekuatan bangsa Indonesia.

Pada sosialisasi tersebut, J Jahidin yang juga duduk di posisi anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Provinsi Kaltim ini didampingi narasumber yakni Guntur Pribadi merupakan advokat di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Samarinda. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com