Sosbang di Suaran, M Udin Tekankan Konsensus Kebangsaan

ADVETORIAL – ANGGOTA Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Udin menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sobang) di halaman rumah warga Desa Suaran, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Sabtu (09/12/2023).

Dalam kegiatan ini, Anggota DPRD Kaltim dari daerah pemilihan Bontang, Kutai Timur dan Berau tersebut menegaskan, bahwa konsensus kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika, harus dapat dipahami dan diterapkan nilainya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Sosialisasi ini bertujuan supaya tercipta suasana yang harmonis, aman dan nyaman. Karena empat pilar ini, satu saja tidak kita pahami nilainya dan terapkan, tentu tidak akan tercapai tujuan negara,” ujar politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Anggota Dewan kelahiran Tanjung Jone, 10 Maret 1988 ini meyakini, dengan menerapkan nilai Konsensus Kebangsaan, akan membuat pondasi yang kuat bagi negara untuk menghadapi tantangan di masa kini dan masa mendatang.

“Sekarang saja kita bisa lihat bahwa mulai disusupi paham dan nilai dari luar, jadi memang sangat penting menanamkan kecintaan pada NKRI,” kata M Udin, sapaan akrabnya.

 

Lebih lanjut M Udin, menyatakan bahwa seluruh lapisan masyarakat dari generasi muda dan tua benar-benar harus memahami dan menerapkan nilai dari konsensus kebangsaan tersebut. “Khusunya anak-anak muda harus mulai dicekoki dengan wawasan kebangsaan karena mereka adalah penerus kita,” ujarnya lagi.

Dalam sosbang kali ini, M Udin didampingi dua orang narasumber yakni Eko Hendik Dwi Krisyanto dan Basari Alawi. Sementara pesertanya adalah puluhan warga Desa Suaran yang didominasi ibu-ibu dan pemuda. Hadir pula tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda dari desa itu. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com