Mengulik Turnamen Tenis Meja HUT Korpri ke-52

DISPORA KALTIM – TENIS meja menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) yang dilombakan oleh Dewan Pengurus (DP) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri ke-52 tahun 2023 sekaligus menyambut HUT Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim ke-67 tahun 2024.

Pertandingan tenis meja digelar di Aula Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim, di Komplek Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening, Jalan KH Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kaltim ditunjuk Badan Pengembangan Olahraga (Bapor) Korpri Kaltim sebagai pelaksana kegiatan.

Diketahui, olahraga tenis meja sendiri merupakan jenis olahraga bola kecil yang dimainkan secara tunggal, atau secara berpasangan. Beberapa peralatan yang diperlukan dalam tenis meja antara lain, meja, bet, bola, dan net.

Di kalangan Aparatus Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Kaltim, tidak terkecuali, di Dispora Kaltim, tenis meja menjadi salah satu olahraga yang rutin dimainkan dari tingkat bawah sampai atas.

Tenis meja sendiri menjadi satu di antara jenis olahraga yang cukup populer dan mudah dimainkan diberbagai kalangan usia. Dalam praktiknya, tenis meja dimainkan dengan cara memukul bola menggunakan bet, hingga melewati net.

Seperti cabor pada umumnya, tenis meja sendiri memiliki banyak manfaat jika dilakukan secara rutin dan konsisten. Dikutip dari berbagai situs web. kesehatan, ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dari rutinitas olahraga tenis meja.

Melatih koordinasi mata dan tangan, merupakan salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bermain tenis meja. Hal ini dikarenakan, dalam permainan tenis meja, kita harus memukul bola secara cepat dan tepat untuk mendapatkan poin.

Itulah mengapa, koordinasi mata dan tangan akan makin terus meningkat, jika kita bisa konsisten berolahraga tenis meja.

Manfaat kedua yang bisa kita dapat adalah melatih refleks. Hal ini dikarenakan, permainan tenis meja ini merupakan jenis olahraga yang cara bermainnya dilakukan dengan tempo cepat, serta jarak yang pendek, sehingga hal ini juga sama dengan melatih koordinasi mata dan tangan.

 

Sama seperti olahraga pada umumnya, manfaat selanjutnya yang bisa kita dapat dengan bermain tenis meja adalah, membakar kalori. Karena bermain tenis meja dengan tempo yang cepat selama satu jam saja, dapat membakar hingga 272 kalori.

Beberapa manfaat lainnya yang bisa kita dapat dengan bermain tenis meja. Diantaranya, mencegah kondisi yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir (Demensia), memperkuat otot tubuh, dan juga risiko cedera yang relatif kecil.

Kepala Dinas PUPR Kaltim, yang juga sebagai Ketua Panitia Pelaksana Lomba Tenis Meja HUT Korpri ke-52/2023 Fitra Firnanda mengungkapkan rasa syukur atas terlaksananya lomba tenis meja Korpri Kaltim, dari awal hingga selesai.

Firnanda juga berharap ke depannya, kegiatan lomba-lomba olahraga seperti ini akan terus digelar, serta minat keikutsertaan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di ruang lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim maupun instansi vertikal semakin tinggi.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus berkesinambungan. Selain untuk menjalin silaturahmi juga menemukan bakat-bakat terpendam dari ASN di bidang olahraga,” kata Firnanda saat ditemui media ini di Aula Kantor Dispora Kaltim, Samarinda, Sabtu (09/12/2023).

Firnanda juga mengatakan, rangkaian acara Hut Korpri ke-52 ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk para pegawai Pemprov Kaltim maupun instansi vertikal. Hal ini menurut dai, mampu menjadikan para pegawai di ruang lingkup Pemprov Kaltim dan instansi vertikal, menjadi pegawai yang sehat jasmani serta rohani. []

Penulis : Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com