10 Atlet Ikut Audisi Duta Olahraga Kaltim 2023

DISPORA KALTIM – Ada 10 peserta, terdiri dari lima atlet putra dan lima atlet putri yang mengikuti audisi Pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023. Mereka berasal dari lima kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Prov. Kaltim), yakni Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Berau dan Kabupaten Paser.

Ke-sepuluh peserta ini akan dipilih sebagai Duta Olahraga Kaltim 2023 pada malam puncak pagelaran Pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023 yang akan dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Prov. Kaltim Komplek Stadion Madya Sempaja, Gelora Kadrie Oening Jalan KH Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda, Selasa (12/12/2023).

Adapun kesepuluh peserta yang mengikuti audisi Duta Olahraga Kaltim 2023 adalah Wahyu Ari Sutrisno dari cabang olahraga (cabor) Sepak Bola asal kota Balikpapan, Nadha Chaesya Nazahra dari cabor senam asal kota Balikpapan, Muhammad Farhan Al Furqon dari cabor atletik asal Kabupaten Berau dan Almassofiah Alfaroh dari cabor dansa asal Kota Balikpapan.

Kemudian Muhammad Khadavi dari cabor tinju asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Farellyn Aurel Jovanta Sopacua dari cabor bridge asal Kota Balikpapan, Bachryan Kiki Saputra dari cabor sepak takraw asal Kabupaten Paser, Rahma Nurul Aisyah dari cabor gulat asal Kota Samarinda, Ilyasa Hadi dari cabor pentaq asal Kota Balikpapan dan Sakinah Fitriah Sulzy Ramadhania dari cabor menembak, asal Kabupaten Paser.

Kesepuluh peserta ini merupakan perwakilan masing-masing daerahnya yang telah mengikuti ajang pemilihan Duta Olahraga di masing-masing kabupaten/kota di Kaltim. Mereka mengikuti audisi yang digelar di Aula Kantor Dispora Kaltim, Kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening, Jalan KH Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda, Senin (11/12/2023).

Kesepuluh peserta mengikuti serangkaian kegiatan yang telah disiapkan oleh Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim, sebagai instansi yang bertanggungjawab dalam pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023. Beberapa tes yang harus mereka lalui adalah tes fisik, tes wawancara, serta tes uji bakat.

Dewan juri yang akan menilai kesepuluh peserta audisi pemilihan duta olahraga ini diantaranya, adalah Kepala Seksi Olahraga Tradisional Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim Thomas Alva Edison, akademisi Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda Dr Jupri, MPD dan akademisi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP PGRI) Kaltim Muhammad Rohadi.

Kepala Seksi Olahraga Tradisional Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim Thomas Alva Edison mengatakan, seleksi awal kesepuluh peserta untuk bisa mengikuti pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023 dimulai dengan tes fisik. Berupa pengukuran tubuh manusia dari tulang, otot dan jaringan adiposa atau lemak (antropometri), yang mencakup tinggi badan dan berat badan, serta kekuatan otot dada, maupun otot perut.

“Hal ini menjadikan dasar penyeleksian pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023 guna mendapatkan kondisi serta hasil yang sebenarnya dari para peserta,” kata Thomas.

Dia menjelaskan, penyeleksian awal tersebut juga menjadi salah satu tolak ukur penilaian dewan juri, yang juga digabungkan dengan penilaian pada saat tes fisik, tes wawancara, serta tes uji bakat.

Karena menurut Thomas, untuk terpilih menjadi duta olahraga selain dinilai dari kemampuannya dibidang olahraga, mereka juga harus memiliki wawasan secara umum. Wawasan umum yang dimaksud ialah, wawasan tentang kehidupan bernegara, serta wawasan tentang olahraga yang mereka geluti maupun olahraga yang ada di sekeliling mereka.

Terpisah, Kepala Bidang Pembudayaan dan Olahraga Dispora Kaltim Bagus Surya Saputra Sugiarta mengatakan, pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023 merupakan implementasi dari upaya peningkatan semangat berolahraga masyarakat Kaltim.

Tak hanya itu, hal ini juga bertujuan untuk menyeleksi putra-putri terbaik Kaltim dari seluruh kabupaten/kota. “Intinya ya menanamkan pemahaman terkait keolahragaan, nanti akan ada pembahasan terkait langkah konkretnya,” ucap Bagus.

Tak hanya itu, tentunya harapan yang besar terhadap dunia olahraga di Provinsi pusat Indonesia ini, dapat terus berkembang pesat dengan hadirnya terobosan dari Dispora Kaltim tersebut. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com