Turnamen Voli Korpri Kaltim, Menuju Ajang Tingkat Nasional

DISPORA KALTIM – SEMARAKAN Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-52 tahun 2023 dan dalam rangka menyambut HUT Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur ke-67 tahun 2024, sejumlah kegiatan digelar Dewan Pengurus (DP) Korpri Provinsi Kaltim.

Salah satunya lomba cabang olahraga yang pelaksanaannya menjadi tanggung jawab Badan Pembina Olahraga (Bapor) Korpri Kaltim. Ada 10 cabang olahraga yang dilombakan, diantaranya Senam Korpri, Gateball, Futsal, Bola Basket, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Catur, Bulu Tangkis, Balap Sepeda dan Bola Voli.

Kompetisi yang diperuntukan bagi Aparat Sipil Negara (ASN), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) serta pegawai non-ASN di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, baik organisasi perangkat daerah (OPD) maupun instansi vertikal itu bertujuan menjaring ASN berbakat dan berpotensi di cabang olahraga guna mengikuti ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Korpri Kaltim 2024 di Kabupaten Paser dan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri 2025 di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Khusus pelaksanaan turnamen cabang olahraga (cabor) bola voli, Bapor Korpri Kaltim menggelar kegiatan di lapangan voli Komplek Vorvo, Jalan Cempedak, Kelurahan Dadi Mulya, Samarinda, yang pembukaannya berlangsung pada Senin, (11/12/2023).

Ketua Harian Bapor Korpri Kaltim Agus Hari Kesuma saat memberikan sambutan pada pembukaan turnamen bola voli tersebut menegaskan, rangkaian kegiatan lomba olahraga yang digelar Bapor Korpri Kaltim adalah untuk menyeleksi atlet-atlet yang berasal dari ASN serta pegawai OPD dan instansi vertikal di lingkup Pemprov Kaltim guna mengikuti ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Korpri Kaltim 2024 di Kabupaten Paser dan Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri 2025 di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

“Tentu kita ingin mencari potensi yang ada di lingkungan ASN dan PPPK sekaligus sebagai bentuk apresiasi kita kepada mereka yang telah berkontribusi dalam pembangunan daerah,” jelas Agus Hari Kesuma yang juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim.

Agus yang akrab disapa AHK ini menegaskan, rangkaian kegiatan Bapor Korpri Kaltim dalam rangka HUT Korpri ke-52 dan menyambut HUT Pemprov Kaltim ke-67 merupakan agenda kegiatan yang wajib diikuti seluruh dinas-dinas pemerintahan dan juga instansi vertikal di ruang lingkup Pemprov Kaltim.

“Untuk itu kami berharap, perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltim juga ikut berpartisipasi, mengingat turnamen ini akan terlaksana di tingkat nasional. Apalagi voli juga akan menjadi salah satu cabang olahraga utama di Pornas Korpri mendatang,” jelasnya.

Karenanya, melalui turnamen ini dia berharap Bapor Korpri Kaltim dapat membentuk tim bola voli yang kuat yang siap berlaga membawa nama Korpri Kaltim di kancah nasional, dalam hal ini Pornas Korpri 2025 di Palembang, Sumsel.

Lebih lanjut, ia menyebut kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan dengan tujuan pertandingan yaitu untuk memperebutkan Piala Ketua Korpri Kaltim. “Kami berharap bisa menjadi tradisi tahunan dan meningkatkan prestasi olahraga di Kaltim,” bebernya.

“PPPK boleh ikut bertanding digabung dengan ASN dalam rangka HUT korpri dan HUT Kaltim yang akan kita lakukan pada bulan Desember, habis itu pemenangnya dikirim ke pornas,” tutupnya.

Sementara Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim Masturi Akbar Tapipullah berharap, turnamen cabang olahraga yang dilaksanakan Bapor Korpri Kaltim untuk para ASN, PPPK dan non-ASN itu didukung semua pihak. Terutama perangkat daerah dan instansi vertikal di lingkungan Pemprov Kaltim.

“Kami harap perangkat daerah dan instansi vertikal dapat mendukung dan berpartispasi dalam kegiatan ini. Karena turnamen ini juga akan dilaksanakan di tingkat provinsi dan nasional,” katanya.

Terlebih lanjut dia, untuk cabang bola voli yang di Pornas 2025 mendatang diharapkan mampu mengukir prestasi yang dapat mengharumkan nama Kaltim. Oleh sebab itu masih kata Tapipullah, ajang turnamen bola voli memperingati HUT Korpri ke-52 tahun 2023 ini menjadi momentum bagi Bapor Korpri melakukan seleksi terhadap ASN yang memiliki kemampuan lebih untuk dijadikan atlet voli Korpri Kaltim di ajang Pornas.

“Dari turnamen ini kita akan membentuk tim voli Korpri Kaltim, ASN yang berbakat kita kumpulkan lalu diseleksi untuk membuat tim yang akan membela nama PNS Kaltim di ajang Pornas mendatang,” katanya lagi. []

Penulis : Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com