Dispora Kaltim Gelar Pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023 dan Cairkan Bonus Atlet Berprestasi

DISPORA KALTIM – Untuk membudayakan olahraga kepada para pemuda di Provinsi Kalimantan Timur (Prov. Kaltim), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Prov. Kaltim melalui Bidang Pembudayaan Olahraga menggelar Pemilihan Duta Olahraga Prov. Kaltim tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Dispora Kaltim, Komplek Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening, Jl Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda, Selasa (12/12/2023).

Pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023 diadakan melalui seleksi wawasan dan pengetahuan para pemuda di bidang olahraga, sehingga diharapkan mereka bisa menjadi agen pembudayaan olahraga pada lingkungan dan masyarakat luas.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim, AA Bagus Surya Saputra Sugiarta menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan implementasi dari upaya peningkatan semangat berolahraga masyarakat Kaltim.

Tak hanya itu, hal ini juga bertujuan untuk menyeleksi putra-putri terbaik Kaltim dari seluruh kabupaten/kota. “Intinya ya menanamkan pemahaman terkait keolahragaan, nanti akan ada pembahasan terkait langkah konkretnya,” ucap Bagus.

Dia mengatakan, para peserta pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023 berasal dari lima kabupaten/kota Se-Kaltim. Diantaranya Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kabupaten Berau, Kabupaten Paser, dan kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Dalam kegiatan yang baru pertama kali digelar Dispora Kaltim ini, beber Bagus, peserta melalui Dispora kabupaten/kota melakukan pendaftaran secara online. Setelah itu, para peserta diundang untuk mengikuti audisi dengan melakukan tes fisik, dilanjutkan tes wawancara, serta tes uji bakat.

Ketiga tes ini dinilai oleh tiga orang dewan juri yang berasal dari Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim, akademisi Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda dan akademisi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP PGRI) Kaltim.

Selain menggelar acara pemilihan Duta Olahraga Provinsi Kaltim 2023, Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim juga akan menyerahkan bonus kepada para atlet Kaltim yang telah berprestasi mengharumkan nama Indonesia pada ajang Sea Games Kamboja 2023, dan sekaligus memberikan selisih bonus kepada olahragawan cabang olahraga (cabor) binaraga Kaltim, pada Pekan Olahraga Nasional (PON) yang ke 20 di Papua, tahun 2021 lalu.

Di awal acara, Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma (AHK) menyampaikan laporannya kepada Penjabat Gubernur (Pj) Kaltim, yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Reformasi, Birokrasi, dan Keuangan Daerah Didi Rusdiansyah.

Dalam laporannya, AHK menyebutkan digelarnya pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023 ini ialah untuk menampilkan sosok pemuda yang kreatif, inisiatif, dan dinamis.

Adapun tujuan dari pemilihan duta olahraga ini adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di bidang olahraga, serta membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk mempromosikan olahraga secara luas di tengah masyarakat.

AHK juga menyebutkan dalam laporannya, jumlah peserta dalam pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023 ini sebanyak 10 orang. Terdiri dari lima orang putra dan lima orang putri, dari lima kabupaten/kota Se-Prov. Kaltim.

Terkait pemberian penghargaan kepada atlet berprestasi di Sea Games Kamboja, Agus Hari Kesuma (AHK) mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Pemprov Kaltim kepada para atlet yang berdedikasi serta berprestasi di ajang Sea Games di Kamboja pada Mei tahun 2023 kemarin serta PON ke-20 tahun 2021 di Prov. Papua.

Sementara Staf Ahli Gubernur Bidang Reformasi, Birokrasi, dan Keuangan Daerah Didi Rusdiansyah mengatakan, pelaksanaan pemilihan serta penyeleksian Duta Olahraga Kaltim 2023 ini terbilang cukup baik. Hal ini dikarenakan, pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023 ini, merupakan pelaksanaan yang pertama kali bagi Dispora Kaltim.

Karena itu Didi berharap, agar ke depannya pemilihan Duta Olahraga Kaltim bisa lebih baik lagi, serta untuk para peserta dan penyeleksiannya bisa lebih ditingkatkan lagi.

Begitupula terkait bonus yang ke depannya akan diberikan kepada para pelaku olahraga, Didi berharap Pemprov Kaltim dapat mengetahui terlebih dahulu besaran bonus yang akan diberikan kepada insan olahraga Kaltim yang berprestasi di ajang nasional maupun internasional.

“Dengan mengetahui jumlah bonus yang akan diberikan kepada atlet berprestasi, maka kami bisa melakukan alokasi anggaran terlebih dahulu, sehingga bonusnya bisa segera dicairkan,” ucap Didi. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com