Farhan dan Sakinah, Duta Olahraga Kaltim 2023

DISPORA KALTIM – Senyum mengembang di wajah Muhammad Farhan Al Furqon saat dia menerima penyematan selendang bertuliskan Duta Olahraga Kalimantan Timur (Kaltim) 2023 dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Prov. Kaltim) Agus Hari Kesuma (AHK) pada malam penganugerahan Duta Olahraga Prov. Kaltim 2023 di Aula Kantor Dispora Kaltim Komplek Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening, Jalan KH Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda, Selasa (12/12/2023).

Muhammad Farhan Al Furqon atlet cabang olahraga (cabor) atletik asal Kabupaten Berau bersama Sakinah Fitriah Sulzy Ramadhania dari cabor menembak asal Kabupaten Paser terpilih sebagai pasangan Duta Olahraga Provinsi Kaltim tahun 2023.

Untuk juara kedua, terpilih pasangan Muhammad Khadavi dari cabor tinju asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Nadha Chaesya Nazahra dari cabor senam asal Kota Balikpapan. Sedangkan juara ketiga, Bachryan Kiki Saputra dari cabor sepak takraw asal Kabupaten Paser berpasangan Almassofiah Alfaroh dari cabor dansa asal Kota Balikpapan.

Penetapan keputusan pemenang Duta Olahraga Kaltim 2023 dibacakan oleh akademisi Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda Dr Jupri, MPD yang merupakan salah satu dewan juri pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023.

“Ini merupakan keputusan bersama ketiga dewan juri. Dan penetapan ini merupakan keputusan yang sudah benar dan memiliki kekuatan hukum tetap,” kata Jupri.

Ucapan selamat sekaligus pemasangan selendang kemenangan kepada para juara Duta Olahraga Kaltim 2023 dilakukan oleh Kepala Dispora Kaltim AHK di atas panggung didampingi Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Reformasi, Birokrasi, dan Keuangan Daerah Didi Rusdiansyah dan Kepala Bidang (Kabid) Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim Bagus Surya Saputra Sugiarta.

Dalam sambutannya, Kepala Dispora Kaltim AHK menyampaikan ajang pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023 merupakan momen penting untuk menggali betapa besarnya potensi anak muda di bidang olahraga.

Sehingga mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim agar memiliki duta olahraga yang diharapkan mampu memberikan pesan kepada masyarakat bahwa ada peran strategis pada bidang olahraga untuk pembangunan daerah.

AHK juga menyebutkan dalam laporannya, jumlah peserta dalam pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023 ini sebanyak 10 orang. Terdiri dari lima orang putra dan lima orang putri, dari lima kabupaten/kota Se-Prov. Kaltim.

Dia mengatakan, siapapun yang terpilih dari para finalis adalah yang terbaik. Baginya seluruh atlet ini membuktikan komitmen bahwa siap berjuang, bekerja dan turut berkontribusi meningkatkan kemajuan pembangunan.

“Kami yakin ananda semua mampu mempromosikan potensi olahraga di Kaltim melalui pesona dan kecerdasan kalian secara maksimal,” tandasnya.

Ia juga berpesan agar bisa sukses ke depannya, kuncinya terus menggali potensi, bakat dan kreativitas generasi muda. Meski dengan waktu yang singkat, kegiatan pada malam hari ini berjalan dengan sukses “Diharapkan duta olahraga yang terpilih pada malam hari ini dapat ikut mewakili Kaltim memajukan olahraga di daerah kita ini,” harapnya.

Sementara Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Reformasi, Birokrasi, dan Keuangan Daerah Didi Rusdiansyah berharap Duta Olahraga Kaltim 2023 yang terpilih mampu berperan dalam memajukan dunia olahraga di Kaltim.

Menurut Didi, juara satu, dua, maupun tiga hanyalah sebuah ranking. Namun tugas dan fungsi seorang duta olahraga tetap sama, yaitu membantu pemerintah daerah meningkatkan sumber daya manusia, khususnya di bidang olahraga, serta mempromosikan olahraga itu sendiri di kabupaten kota Se-Kaltim.

Sedangkan Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim Bagus Surya Saputra Sugiarta menjelaskan bahwa ajang pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023 merupakan kegiatan perdana yang digelar Dispora Kaltim.

Dia berharap, ke depannya ajang ini dapat diagendakan sebagai kegiatan rutin setiap tahun oleh Dispora Kaltim, khususnya Bidang Pembudayaan Olahraga.

Di tempat yang sama, Farhan dan Sakinah mengungkapkan perasaannya setelah terpilih menjadi juara pertama Duta Olahraga Kaltim 2023. Mereka mengungkapkan, sejak awal mengikuti penyeleksian, audisi, sampai di malam puncak pemilihan Duta Olahraga Kaltim 2023 ini, merupakan hal yang paling menegangkan.

Namun setelah selesai pengumuman, Sakinah merasa lega, walaupun ke depannya ada tugas berat yang diembannya dan menjadi tanggung jawab besar bagi mereka berdua. “Pastinya akan ada tugas besar yang menjadi tanggung jawab kami untuk ikut memajukan dunia olahraga di Kaltim ini,” ujar Sakinah.

Sakinah dan Farhan juga berharap, agar ke depannya untuk penyeleksian serta pemberian materi bagi para peserta calon Duta Olahraga Prov. Kaltim ini dapat dipersiapkan lebih matang lagi. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com