Sosialisasi Wasbang di Teluk Bayur, Udin Tekankan Empat Pilar Kebangsaan

ADVETORIAL – ANGGOTA Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Udin, pada Sabtu (16/12/2023), kembali turun ke masyarakat. Dalam kesempatan itu, dia mensosialisasikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di hadapan puluhan warga Kelurahan Teluk Bayur. Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau.

Empat pilar kebangsaan yang dimaksud Muhammad Udin itu adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika, Ia menyebut keempat konsensus kebangsaan itu wajib dikenalkan kepada generasi penerus bangsa.

Saat menjadi narasumber dalam sosialisasi Wasbang yang digelar di halaman rumah warga Kelurahan Teluk Bayur. Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau, politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini berharap, ke depannya dapat menambah pengetahuan tentang wawasan kebangsaan kepada seluruh masyarakat di Kaltim dan menjauhkan masyarakat terlibat dalam kasus radikalisme.

“Dengan Sosialisasi Wasbang berharap agar tidak mudah dipecah belah mengingat sekarang masyarakat kita sangat mudah dipecah belah dengan paham-paham yang memecah persatuan bangsa dan merusak kebhinnekaan,” ujar Udin, sapaan akrabnya.

Selain itu, Udin mengatakan kegiatan itu juga bertujuan untuk menanamkan pemikiran rasa cinta akan tanah air, dan menguatkan ideologi bangsa Indonesia.

“Sosialisasi Wasbang ini terus gencar digelar oleh DPRD Kaltim bertujuan untuk menguatkan ideologi bangsa dan menjauhkan anak bangsa dari paham radikalisme,” ujarnya.

 

Dia menjelaskan, pihaknya melakukan sosialisasi Wasbang ini menjadi salah satu upaya DPRD Kaltim mempertegas wawasan empat konsensus kebangsaan hingga ke pelosok tanah air dengan arus teknologi yang semakin canggih dan mengancam nilai kebangsaan.

“Wawasan Kebangsaan ini sangat penting untuk kita sosialisasikan, sebab kita harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar Indonesia tetap menjadi negara yang kuat dan sejahtera, apalagi era teknologi sekarang banyak tantangan yang memberikan dampak negatif terhadap pelemahan nilai kebangsaan,” jelas M Udin.

Dalam sosialisasi Wasbang kali ini, M Udin didampingi dua orang narasumber dari tenaga pendidik Agus Supandi dan Muhammad Randi, serta dihadiri puluhan warga Kelurahan Teluk Bayur, terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan para pemuda. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com