Kunjungi Berau Cocoa, Pj Gubernur Apresiasi Program PPM PT Berau Coal

BERAU – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik mengunjungi pabrik pengolahan kakao, Berau Cocoa di Kabupaten Berau, Sabtu (16/12/2023). Pabrik ini merupakan salah satu Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal.

Disambut jajaran manajemen PT Berau Coal, Pj Gubernur Kaltim bersama Bupati Berau Sri Juniarsih dan rombongan mendengarkan penjelasan tentang pengembangan kakao di Berau dan proses pendampingan Berau Cocoa dari hulu ke hilir.

Di sana, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI itu mendapatkan penjelasan dari pengelola Berau Cacao mulai dari proses penyemaian bibit sampai akhirnya menjadi coklat yang bisa langsung dikonsumsi. Akmal Malik terlihat sangat mengagumi ketika berkesempatan mencicipi produk olahannya.

Menurutnya ada rasa khas pada coklat Berau, ada rasa asam yang jarang ditemukan. Bahkan jika dibandingkan dengan rasa coklat dari Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) saat dirinya menjabat sebagai Pj Gubernur di sana.

“Di Sulbar sana (coklat) rasanya ada pahit dan manisnya. Yang di Berau ini beda, ada citarasa unik yang jarang ditemui dan ini enak” katanya.

Melihat perkembangan kakao di Berau dia mengapresiasi atas upaya yang dilakukan PT Berau Coal melalui program PPM ini. Sehingga mampu mengakomodir harapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dalam melakukan transformasi arah kebijakan ekonomi dari sektor pertambangan menuju sektor pertanian dalam arti luas.

“Kita ingin mendorong warga kita yang bertani untuk optimalkan lahannya. Kami mengapresiasi Sinar Mas Group, khususnya Berau Cocoa mendampingi program PPM PT Berau Coal yang melakukan inovasi dan mengembangkan kakao Berau ini,” sambungnya.

Pengembangan perkebunan kakao dan industri pengolahan coklat yang tepat akan membantu branding daerah. Sehingga ketika wisatawan datang tidak hanya mengunjungi Pulau Derawan dan Pulau Maratua tetapi dapat singgah juga ke kota Tanjung Redeb.

Dan program pengembangan kakao ini tentunya akan menjadi nilai tambah untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

“Bangun dan pererat kolaborasi Pemerintah Kabupaten Berau dengan mitra perusahaan yang ada di sini dan kami, Pemerintah Provinsi Kaltim akan bantu. Bahkan kalau perlu dukungan yang lebih tinggi silahkan sampaikan pada kami,” ujar Akmal Malik.

Turut mendapingi dalam kunjungan tersebut Bupati Berau Hj Sri Juniaraih Mas, Wakil Bupati Berau H Gamalis, berserta jajaran Forkopimda Berau, dan pejabat kepala perangkat daerah lainnya. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com