Peringati HUT ke-60, DPK Kaltim Terus Berinovasi Kembangkan Budaya Literasi

SAMARINDA – DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) merayakan hari berdirinya yang ke-60 dengan sederhana. Acara yang dilaksanakan di Aula Oemar Dahlan, Kantor DPK Kaltim, Jalan Juanda, Samarinda, Selasa (19/12/2023) itu mengambil tema “Literasi Dalam Genggaman, Ilmu Semakin Luas”.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pegawai dan tenaga honorer DPK yang telah bersama-sama terlibat dalam mengembangkan perpustakaan ini,” kata Kepala DPK Kaltim Muhammad Syafranuddin dalam sambutannya di acara tersebut.

Dia juga menegaskan bahwa DPK akan senentiasa bertekad untuk menghadirkan kemudahan pelayanan dan berinovasi dalam mengembangkan budaya literasi kepada masyarakat.

“Dengan berjalannya waktu, DPK Kaltim mengalami transformasi secara signifikan. Perluasan bangunan yang awalnya hanya 22 meter persegi menjadi saat ini 104 meter persegi bertujuan antara lain untuk memenuhi kebutuhan literasi masyarakat dan menampung jumlah buku serta fasilitas lainnya yang semakin bertambah,” paparnya.

Salah satu upaya untuk meningkatkan layanan adalah dengan teknologi kartu anggota perpustakaan yang terintegrasi. Fungsinya adalah kartu anggota itu selain sebagai bukti bagi masyarakat yang menjadi anggota dan sebagai persyaratan peminjaman buku di DPK tetapi juga dapat dipergunakan untuk melakukan peminjaman buku di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI di Jakarta.

“Bagi warga Kaltim yang meminjam buku di Perpusnas tidak perlu mengembalikan ke Jakarta, tapi bisa menitipkannya ke DPK saja,” ujarnya.

Selanjutnya ada juga inovasi dropbox yang berfungsi untuk layanan pengembalian buku secara lebih cepat dan mudah. Inovasi ini memungkinkan masyarakat untuk mengembalikan buku tanpa harus menunggu jam kerja DPK dan tanpa harus mengantri.

Dalam kesempatan tersebut, Syafranuddin juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada masyarakat yang tetap menjaga minat baca. Dia berharap fasilitas yang tersedia dapat dimanfaatkan oleh lebih banyak pengunjung untuk belajar dan bermain.

DPK Kaltim juga memberikan hadiah dan doorprize kepada peminjam buku terbanyak serta tingkat kehadiran pemanfaatan perpustakaan terbanyak dalam kurun waktu tahun 2023.

“Kado terindah menutup akhir tahun 2023. Kami berharap DPK Kaltim terus bermanfaat bagi masyarakat Kalimantan Timur. Pemberian doorprize juga bentuk hadiah dari kami agar masyarakat dapat terus termotivasi untuk membaca dan mengunjungi perpustakaan semakin rutin,” ucap pria yang akrab disapa Ivan tersebut.

Terdapat 30 pemustaka aktif yang meminjam buku dan berkunjung ke perpustakaan turut mendapatkan hadiah berupa tas dan seminar kit yang diserahkan langsung oleh Kepala DPK Kaltim. Serta empat unit sepeda gunung juga diberikan kepada peserta pemenang undian.

“2024 akan semakin banyak hal yang perlu DPK Kaltim perbaiki dan lakukan, kami berharap DPK Kaltim senantiasa dekat dengan masyarakat dan mohon maaf apabila satu tahun belakang masih terdapat kekurangan, namun insyaallah kami akan kembali bangkit dan inovatif pada 2024,” pungkas Ivan. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com