Sapto Setyo Pramono Hadiri Peringatan HBN 2023 di Kantor Gubernur

PARLEMENTARIA KALTIM – MEWAKILI pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Anggota Komisi II DPRD Kaltim Sapto Setyo Pramono menghadiri upacara peringatan Hari Bela Negara (HBN) Tahun 2023 di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Selasa (19/12/2023).

Dalam kesempatan itu, anggota dewan dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) ini mengatakan bela negara merupakan wujud nasionalisme terhadap bangsa Indonesia. Selain itu kegiatan ini bukan hanya seremonial, akan tetapi wujud bela negara yang harus masuk dalam sanubari rakyat Indonesia.

“Khususnya kita dan bagaimana pemerintah dalam hal ini, untuk bisa konsentrasi mengenalkan kepada masyarakat tentang kecintaan terhadap tanah air, nasionalisme kita, bela negara kita terhadap republik ini,” ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Samarinda ini.

Menurut dia, proses nasionalisme tidak bisa dibentuk secara tiba-tiba, akan tetapi melalui proses yang panjang dari bawah. Dia lalu mencontohkan warga di negara Cina, ketika mereka bertemu aparat negara, mereka selalu hormat dan sebagainya. Itu wujud nasionalisme terhadap negara.

Dia juga menegaskan, negara Indonesia merupakan negara yang majemuk. Apabila rasa nasionalisme tidak ditanamkan sejak dini maka akan sulit ke depannya.

“Contoh tadi ya, ada parade dari polisi cilik, itu luar biasa. Artinya, usia enam tujuh tahun sudah dikenalkan tentang bagaimana mereka melakukan proses baris berbaris kemudian tingkat nasionalis sudah jelas kan luar biasa. Ini bukan hanya di Provinsi Kaltim, Kota Samarinda, tetapi seluruh Indonesia, bagaimana program ini harus di massive kan,” terangnya.

Ia mendorong agar pemerintah dapat terus menghidupkan nilai-nilai Pancasila. Agar jangan sampai ada paham-paham yang ingin menghancurkan Pancasila dapat hidup di republik ini karena itu merupakan sumber malapetaka dan sumber perpecahan bagi anak bangsa.

Hari bela negara diperingati setiap tanggal 19 Desember, dan diatur berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia (RI) Nomor 28 Tahun 2006. Tema yang diusung adalah Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju. Adapun tujuan diperingati HBN ke-75 tahun 2023 adalah untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan.

Upacara tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni, tampak hadir pula Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Samarinda Ary Fadli, serta pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

Dalam kesempatan itu, Sri Wahyuni didampingi Ketua Bapor Korpri Kaltim Muhammad Aswin, Kepala BKD Kaltim Deni Sutrsino dan Kepala Badan Kesbangpol Kaltim Sufian Agus menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada pemenang lomba-lomba dalam rangka peringatan HUT ke-52 Korpri. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com