Menyiapkan Agenda Akhir Tahun Bidang Pengembangan Pemuda

DISPORA KALTIM – Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) masih memiliki sejumlah program kegiatan dalam dua bulan terakhir di tahun 2023 ini.

Karena itu, untuk memantapkan sekaligus mempersiapkan pelaksanaan kegiatan tersebut, Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim menggelar rapat internal yang dipimpin langsung Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemuda Rasman Rading di Ruang Rapat Ruhui Rahayu, Kantor Dispora Kaltim, Kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening, Jalan KH Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda, Kamis (9/11/2023).

Rasman menjelaskan, dalam rapat internal tersebut dibahas beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan sepanjang November hingga akhir Desember 2023. Diawali dengan kegiatan Kecakapan Hidup yang akan dilaksanakan di dua kecamatan di Kabupaten Kutai Timur, yaitu Kecamatan Busang dan Kecamatan Long Mesangat.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan dari seminar-seminar sebelumnya, yang telah dilaksanakan selama dua bulan kemarin, yakni dari bulan Maret sampai April 2023, yang mana dalam seminar sebelumnya itu, ada 1000 orang yang menjadi target untuk mengikuti kegiatan tersebut,” jelas Rasman ditemui usai rapat.

Dia juga menerangkan, bahwa dari seminar-seminar yang telah dilaksanakan kemarin, maka pihaknya mengerucutkan lagi agar kegiatan tersebut bisa berkelanjutan. Karena baginya seminar yang telah dilaksanakan kemarin itu hanya untuk membangkitkan gairah, membangkitkan semangat, serta merubah mindset para pemuda yang ada di sana.

“Sejumlah pelatihan kecakapan hidup yang telah kami latih bulan lalu antara lain tata rias artis, desain grafis, barber shop, kerajinan rotan dan kayu,” jelas Rasman.

Sedangkan untuk November ini, lanjutnya, ada 180 peserta yang siap dilatih melalui kegiatan Pelatihan Pemuda Wirausaha Pemula 2023. Lokasi pelatihan pun sudah dipastikan di dua kecamatan pada Kabupaten Kutai Timur yaitu . Kecamatan Long Mesangat dan Kecamatan Busang.

Di Kecamatan Long Mesangat digelar sebanyak lima pelatihan dengan masing-masing pelatihan selama lima hari dalam waktu bersamaan yakni pada 13-17 November 2023, meliputi pelatihan sablon dan desain, peternakan, tata boga, perbengkelan, dan tata rias artis. Masing-masing pelatihan diikuti 20 pemuda dari kecamatan setempat.

Kemudian di Kecamatan Busang dilakukan pelatihan selama lima hari pada 20-25 November dengan empat jenis pelatihan yakni mengukir, perikanan, peternakan, dan perbengkelan dengan masing-masing pelatihan sebanyak 20 peserta.

“Untuk pelatihan di Kecamatan Long Mesangat, pesertanya dari delapan desa setempat yakni Desa Sumber Agung, Tanah Abang, Sumber Sari, Mukti Utama, Segoi Makmur, Mekar, Senambah, dan Desa Kelinjau.” katanya.

Kemudian untuk pelatihan yang digelar di Kecamatan Busang juga pesertanya dari delapan desa yakni Long Nyelong, Long lees, Long Pejeng, Long Bentuk, Rantau Sentosa, Longpoq Baru, Teluk Baru, dan Desa Long Tesak.

Sembilan jenis pelatihan tersebut sesuai dengan bakat dan pemintaan masing-masing pemuda setempat, karena sebelumnya Dispora Kaltim sudah melakukan pendataan tentang bakat dan minat bagi kaum muda setempat, bersamaan dengan seminar yang digelar beberapa bulan sebelumnya.

Rasman Rading juga menyampaikan jika pelatihan guna memberikan bekal skill kewirausahaan bagi para pemuda di Kutai Timur agar mampu membuka usaha mandiri dan menciptakan lapangan kerja. “Kami gelar pelatihan kewirausahaan pemula supaya para pemuda memiliki skill berwirausaha dan bisa buka usaha sendiri,” ucap Rasman.

Menurut Rasman, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, ialah dalam rangka untuk melakukan pemberdayaan dan pengembangan pemuda di sana, serta tidak dianggap diskriminasi pembinaan.

“Agar Pembinaan terhadap pemuda yang kami laksanakan ini, tidak hanya tertuju di perkotaan saja, namun pemuda-pemuda yang ada di pedesaan bisa kami lakukan pembinaan juga,” pungkasnya. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Verified by MonsterInsights