Yusuf Mustafa Apresiasi Perayaan Natal 2023 Berjalan Aman

PARLEMENTARIA KALTIM – WAKIL Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Yusuf Mustafa mengapresiasi keamanan jalannya perayaan Natal umat Kristiani tahun 2023 di Kota Balikpapan.

Hal itu disampaikan Yusuf Mustafa usai meninjau jalannya perayaan Misa Natal di Gereja ST Theresia, Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan, Minggu (24/12/2023). Menurut dia, perayaan Natal di Balikpapan bisa berjalan kondusif berkat sinergitas Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Balikpapan.

“Alhamdullilah sinergitas semua pihak, semua stekeholder di Balikpapan sangat solid, sehingga hasilnya sampai saat ini aman,” ujar politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Yusuf Mustafa melakukan peninjauan perayaan Misa Natal di Gereja ST Theresia bersama Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Waka Polda Kaltim) Irjen Pol Mulyono, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, dan anggota Forkopimda Balikpapan.

Kunjungan untuk memastikan kegiatan Misa Natal berlangsung aman, damai dan lancar tanpa halangan. Rombongan juga mendatangi petugas jaga di dua Pos koordinasi (Posko) Natal 2023 dan tahun baru 2024 yakni di Pelabuhan Semayang dan Lapangan Merdeka, sekitar pukul 21.30 Waktu Indonesia Tengah rombongan melakukan peninjauan terakhir di Posko depan Plaza Balikpapan.

Saat berada di Gereja Santa Theresia Balikpapan, Waka Polda Kaltim, Irjen Pol Mulyono, mengatakan bahwa pihaknya terus memantau pelaksanaan Misa Natal dan perayaan Natal, termasuk Tahun Baru 2024. Harapannya adalah agar semua berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif. Operasi Lilin Mahakam 2023 ini mendapat dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Dari pantauan kami, wilayah Kaltim secara umum dan Kota Balikpapan khususnya tampak aman dan kondusif. Keamanan dan kondusifitas ini tidak datang begitu saja, melainkan hasil dari kerjasama antara Polri-TNI, Pemerintah Daerah, dan pihak-pihak terkait, termasuk panitia Natal. Kami berharap situasi ini akan tetap aman dan kondusif hingga acara berakhir,” beber Irjen Pol Mulyono.

Sementara Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud menyatakan, bahwa perayaan malam Natal dapat berlangsung dengan aman dan kondusif. Hal ini berkat dukungan dari semua pihak, termasuk masyarakat yang ikut berperan menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif.

“Kehadiran kita di sini untuk memastikan bahwa saudara-saudara kita yang merayakan Natal malam ini dapat berjalan dengan aman dan lancar. Itulah yang ingin kita pastikan,” ujarnya.

Pada sekitar pukul 21.30 WITA, rombongan melakukan pertemuan melalui video konferensi di Posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) di depan Balikpapan Plaza. Mereka bergabung dengan Kapolda Kaltim, Irjen Pol Nanang Avianto, serta anggota Forkopimda Kaltim di Kantor Gubernur Kaltim. Kapolda juga memantau seluruh wilayah Kaltim melalui laporan Kapolres dari 10 Kabupaten/Kota. Pangdam VI Mulawarman beserta stafnya juga ikut dalam pertemuan tersebut. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com