Rusman Berharap Kemenag Beri Rasa Adil dan Transparan

PARLEMENTARIA KALTIM – ANGGOTA Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Rusman Ya’qub berharap Kementerian Agama (Kemenag) benar-benar menjadi lembaga negara yang terbuka dan transparan serta memberikan rasa adil dalam rangka menjaga keutuhan bangsa ke depan.

Hal itu disampaikan Rusman Ya’qub kepada awak media, usai menghadiri upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2024, di halaman Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Kaltim, Jalan Basuki Rahmat No 42, Samarinda, Rabu (03/01/2024).

“Diharapkan Kementerian Agama dalam pelayanannya tidak ada pihak yang merasa terdiskriminasikan atau termarginalisasikan dan sebagainya. Semua adalah bagian dari satu kesatuan yang utuh dari kepentingan bangsa Indonesia,” ujar Rusman, sapaan akrabnya ini.

Wakil rakyat kelahiran Barru, 11 juni 1969 ini mengatakan, peringatan HAB merupakan momentum bagi seluruh warga negara Indonesia. Karena bangsa Indonesia akan mengelar pesta demokrasi untuk memilih pemimpin yang akan memimpin selama lima tahun ke depan.

“Saat ini bangsa kita sedang menghadapi yang namanya proses kepemimpinan nasional bahkan sampai ke daerah, tentu kita ingin keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia, red) harus tetap terjaga,” kata anggota dewan dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Peringatan HAB digelar setiap tahun sebagai pengingat atau refleksi sebagai hari lahirnya Kementerian Agama di Indonesia. Kegiatan dimaksud juga untuk menumbuhkan rasa optimisme pegawai di lingkungan Kemenag.

Upacara peringatan HAB ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2024 yang diusung tema “Indonesia Hebat Bersama Umat” itu dipimpin Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik. Hadir pula Kepala Kanwil Kemenag Kaltim Abdul Kholiq, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltim Muhammad Rasyid, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kaltim, tokoh Agama, dan pimpinan organisasi masyarakat (Ormas).

Usai upacara acara dirangkai dengan pemberian penghargaan Satya Lencana yang diterima oleh pegawai yang mengabdi selam 10, 20, dan 30 tahun. Satya Lencana disematkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik didampingi Kepala Kanwil Kemenag Kaltim Abdul Kholiq. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com