Sigit Sambut Baik Usulan Pengadaan Ambulan Laut Dan Sungai

PARLEMENTARIA KALTIM – WAKIL Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sigit Wibowo menyambut baik usulan Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim tentang pengadaan ambulan di sungai dan di laut untuk memaksimalkan pertolongan pada keadaan kedaruratan.

Untuk diketahui, usulan pengadaan ambulan di sungai dan laut disampaikan Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik dalam sambutannya di acara penyerahan bantuan mobil ambulan bagi organisasi, lembaga atau pengurus masjid, relawan dan yayasan beberapa kabupaten/kota di Kaltim.

Provinsi Kaltim selain dikenal luas juga dikelilingi laut dan dibelah oleh sungai. Hampir tiga puluh persen warganya tinggal di tepi laut dan sungai. Alasan itulah yang membuat Pj Gubernur mengusulkan bantuan berupa ambulan yang berada di perairan.

Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini menilai baik usulan tersebut dan dia mengatakan jarak tempuh melalui jalur laut atau sungai lebih cepat dibandingkan jalaur darat yang jalannya tidak semuannya mulus dan belum lagi adanya kemacetan.

“Kalau ambulan sungai ini diusulkan hal yang bagus, kalau sepeedboat relatif lebih cepat di banding jalan darat, kalau di air mereka akan lebih tenang terhindar kemacetan,” ujar Sigit, sapaan akrabnya kepada awak media usai menghadiri penyerahan bantuan mobil ambulan transportasi dan ambulan jenazah kepada organisasi, pengurus masjid, relawan dan yayasan di beberapa kabupaten/kota di Kaltim, bertempat di teras Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Rabu (03/01/2024).

Namun demikian, Sigit mengingatkan untuk pengadaan dan operasional ambulan air itu perlu dibuatkan Standar Operasional Prosedur (SOP). Dengan terlebih dahulu ditentukan jenis kapal cepat yang akan digunakan.

“Semuanya perlu disiapkan. Jika nanti ada masyarakat yang mengusulkan, kita sudah siap. Ketentuannya bagaimana serta pihaknya akan mendukung dalam penggangaran,” katanya.

“Sepeedboat tidak terlalu cepat ada dan yang cepat ada, makanya kita bicarakan dengan Kepala Dinas Kesehatan ini bagaimana regulasinya dan kalau memang dibutuhkan masyarakat kita anggarkan kalau belum jangan dipaksakan,” sambung wakil rakyat dari daerah pemilihan Balikpapan ini. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com