Samsun Berharap Kaltim Lebih Baik dan Maju

PARLEMENTARIA KALTIM – DALAM momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ke- 67, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltim Muhammad Samsun berharap Kaltim dapat menjadi lebih baik dan maju ke depannya.

Hal itu disampaikan wakil rakyat dari daerah pemilihan Kutai Kartanegara Muhammad Samsun saat usai mengikuti rapat paripurna ke-2 DPRD Kaltim dengan agenda peringatan HUT Provinsi Kaltim di Gedung Utama Kantor DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Karang Paci, Samarinda, Senin (08/01/2024).

“Harapannya Kaltim semakin baik, maju, dan harapan itu sudah ada didepan mata tinggal kesiapan kita untuk lebih siap lagi,” ujar politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.

Menurut Samsun -sapaan akrabnya, peringatan HUT Kaltim kali ini sebagai kesempatan baik untuk menyambut kepindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Bumi Etam pada tahun 2024 yang rencananya Presiden Joko Widodo akan mengadakan upacara bendera saat peringatan HUT Republik Indonesia pada bulan Agustus mendatang.

Rencana tersebut juga akan diikuti dengan perpindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Jakarta secara bertahap. Sehingga dia berharap perpindahan tersebut dapat membawa angin segar bagi pembangunan di Kaltim dan menuntut masyarakat Kaltim dapat bersiap.

“Sebagai momen peralihan IKN ke Kaltim berdampak positif dan luar biasa terhadap Kaltim baik dari keamanan, ekonomi, kemudian pertumbuhan penduduk, ini harus kita siapkan dan mudah-mudahan masyarakat Kaltim sudah siap lahir batin menjadi warga IKN,” kata Samsun.

Dia melanjutkan, Sumber daya Manusia (SDM) khusunya para generasi muda di Kaltim dalam menyambut IKN memiliki tantangan yang lebih besar karena akan banyaknya generasi muda dari luar daerah akan mencari usaha atau pekerjaan maka anak muda benua Etam harus meningkatkan pendidikannya, kemampuannya, dan sikap atau perilaku yang baik.

“SDM perlu kita tingkatkan untuk menyongsong IKN ke depannya semakin ketat dan kita harus siap termasuk SDM kita, meliputi skil, pendidikan, dan etikanya,” tutup Samsun.

Dalam rapat paripurna ini juga turut hadir Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ketua DPRD se-Kaltim, Penjabat (PJ) Gubernur Kaltim, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kaltim, Bupati dan Wali Kota se-Kaltim, serta undangan lainnya. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com