Puji Apresiasi Kinerja Pj Gubernur Turunkan Kemiskinan Ekstrem di Kaltim

PARLEMENTARIA KALTIM – WAKIL Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Puji Setyowati memberikan apresiasi terhadap capaian kinerja Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kaltim dalam triwulan pertama yang telah menurunkan angka kemiskinan ekstrem.

Capaian kinerja Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik selama memimpin di Benua Etam priode tiga bulan yakni Oktober, November, dan Desember 2023 sebagai Penjabat kepala daerah dinilai oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Ada sepuluh indikator penilaian diantaranya yakni terkait Kesehatan, stunting, layanan publik, kemiskinan ekstrim, inflasi, perizinan, penyerapan anggaran, pengangguran, kegiatan unggulan, dan Badan Usaha Milik daerah (BUMD).

Salah satu indicator capaian kinerja yang mendapat apresiasi dari tim evaluator Kemendagri yakni penanganan kemiskinan ekstrem di Kaltim. Di mana capaian persentase penduduk miskin ekstrem Kaltim pada 2022 dan 2023 lebih baik atau berada di bawah capaian nasional dengan jumlah 3,910 jiwa atau 0,10 persen.

“Saya mengucapkan terima kasih, ini persembahan yang terbaik bagi kami. Mudah-mudahan akan terus menjadi kerja bareng yang positif sehingga kemiskinan ekstrim dapat dikurangi,” ujar politisi Partai Demokrat ini kepada awak media usai menghadiri Pembukaan Pekan Rakyat Kaltim (PRK) Tahun 2024, di lapangan parkir Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening, Jalan KH Wahid Hasyim, Sempaja Selatan Samarinda Utara, Samarinda, Selasa (09/01/2024).

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Samarinda ini mengatakan, apa yang telah menjadi capaian Pj Gubernur Kaltim selama tiga bulan tersebut merupakan langkah positif seiring dengan kebangkitan ekonomi setelah pandemi Covid 19 melanda.

“Ini menjadi suatu penghargaan yang memberikan nilai tersendiri bagi Kaltim karena di saat kondisi ekonomi yang belum stabil, tetapi Kaltim bisa menurunkan angka kemiskinan ekstrem,” kata Puji, sapaan akrabnya.

Dalam kesempatan itu Puji berharap, kerjasama Pj Gubernur Kaltim dengan DPRD Kaltim yang telah terjalin dengan baik dapat memberikan pengaruh terhadap bidang-bidang yang lain. “Harapan kita akan memberikan dampak yang lebih besar lagi dalam penguatan ekonomi, pengurangan pengangguran, dan kesehatan makin baik,” tutup Puji. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com