BUMD Harus Menyusun Proses Bisnis Secara Baik

BALIKPAPAN – BADAN Usaha Milik Daerah (BUMD) harus menyusun proses bisnis secara baik. Demikian hal itu ditegaskan Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik usai bersilahturahmi dengan pimpinan BUMD di Ruang Rapat VIP Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Senin (29/1/2024).

Ke depan lanjutnya Pj Gubernur Akmal Malik, BUMD menjadi salah satu sumber pendapatan utama yang baik bagi pemerintah daerah (Pemda). Karena Pemda punya kekuatan otonomi dan itu harus terua bergerak dengan kemampuan keuangan sendiri.

Diakuinya ada BUMD yang mendapat sorotan atas capaiana kinerjanya termasuk pengaduan, tetapi ada juga yang kinerjanya bagus. “Kalau perlu dimaksimalkan dengan melakukan ekspansi ke bidang lainnya,” harapnya.

Tidak dipungkiri ujar Akmal Malik, masih ada BUMD yang mengeluhkan terkait modal. Namun dia juga mengingatkan jangan sudah diberi tambahan modal tapi tidak kembali.

Dalam waktu tidak lama Akmal Malik akan membentuk Tim Appraisal untuk melakukan penilaian kelayakan terhadap permohonan tambahan modal itu. “Sehingga dipastikan penambahan modal itu berintegrasi pada penambahan kontribusi kepada pendapatan asli pemerintah daerah,” pesannya. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com